span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Teknik Telekomunikasi
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Program studi Teknik Telekomunikasi adalah program interdisipliner, yang membutuhkan perpaduan antara pengetahuan yang mencakup bidang Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Manajemen, Ekonomi, dan Kebijakan, selain ilmu-ilmu dasar sains dan matematika sebagai dasar dari ilmu rekayasa (teknik). Mahasiswa dalam program ini diberikan kesempatan untuk belajar dan memperluas kemampuan mereka dalam analisis dan menyelesaikan masalah dalam bidang teknik telekomunikasi. Mereka juga siap dan mampu untuk merancang implementasi teknologi baru agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Program ini memberikan siswa pengelaman pendidikan terpadu yang diarahkan pada pemahaman dalam menerapkan pengetahuan dan teknik, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan menemukan solusi efektif dan efisien untuk masalah-masalah praktis dalam bidang teknik telekomunikasi.

Gelar Lulusan

S.T. Sarjana Teknik

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 168 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 4.215
Keketatan 3,98%



Prospek profesi

Tersedia prospek lapangan kerja yang luas dalam bidang teknik telekomunikasi baik untuk saat ini maupun dalam jangka panjang kedepan, hal ini disebabkan pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia berkembang sangat pesat sesuai dengan tuntutan era in­formasi saat ini yang memerlukan dukungan sumberdaya manusia yang memadai. Selain itu, juga karena masih relatif sedikit perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menawarkan program studi sarjana dalam bidang teknik telekomunikasi, disamping tidak seimbang­nya proporsi mahasiwa dalam bidang teknik dibandingkan dengan bidang sosial di Indonesia.



Mata Kuliah