span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Mikrobiologi
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (Program Sains)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Mikrobiologi merupakan ilmu terapan yang memanfaatkan mikroorganisme (mikroba) sebagai alat untuk peningkatan kualitas hidup manusia. Pada awalnya pemanfaatan mikroba hanya berkisar pada industri makanan saja. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, mikroba pun banyak digunakan untuk kegiatan manusia yang lainnya seperti pengelolaan limbah, pengembangan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa genetika dan lain sebagainya.

Gelar Lulusan

S.Si. Sarjana Sains

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 50 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 757
Keketatan 6,60%



Prospek profesi

Lulusan program studi ini dapat bekerja di bidang instansi pemerintah di berbagai Departemen (seperti Departemen Pertanian, Departemen Pertambangan dan Perminyakan, Departemen Kesehatan, dan lain-lain). Selain itu, PTN/S, BATAN, Biofarma, dan Balitsa merupakan tempat yang tepat bagi lulusan Mikrobiologi yang ingin mengambangkan pengetahuannya sebagai pengajar atau peneliti. Di bidang Industri lulusan Mikrobiologi banyak dibutuhkan di industri makanan (seperti Indofood, Garuda Food, Walls, Ultrajaya, dan lain-lain). Biasanya lulusan Mikrobiologi akan bekerja sebagai staff Quality Control, Quality Assurance, ataupun di bagian Research and Development. Lulusan Mikrobiologi pun dapat mengembangkan beberapa produk makanan yang ada seperti tahu, tempe, keju, yogurt, dan lain-lain sebagai usaha kecil dan menengah. Selain itu, menjadi pengusaha jamur pun dapat dijadikan sebagai pilihan usaha. Di bidang Konsultan Lingkungan lulusan memiliki pengetahuan tentang pengelolaan limbah dengan bantuan mikroba. Oleh karena itu, lulusan Mikrobiologi mampu bekerja sebagai konsultan yang berbasis lingkungan.



Mata Kuliah