span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Teknologi Pasca Panen
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (Program Rekayasa)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Teknologi Pasca Panen merupakan interdisiplin ilmu-ilmu pertanian dan kehutanana serta Teknik (Engineering) yang diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis bioproses serta biosistem yang dijabarkan dalam 10 konsep, yaitu Pembangunan yang berkelanjutan, Bioregional, Keanekaragaman Hayati, Pengelolaan Lingkungan, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Pertanian Terpadu, Agribisnis, Ekologi Manusia, Siklus Biogeokimiawi, dan Entropi. Kompetensi teknis utama Teknologi Pasca Panen diarahkan untuk memproses, menjaga, memanipulasi dan memaksimalkan hasil panen dengan menggunakan prisip-prinsip rekayasa untuk mencapai efisiensi energi dan materi yang optimal serta mengaplikasikan berbagai teknologi yang tersedia.         

Gelar Lulusan

S.T. Sarjana Teknik

Akreditasi BAN-PT

Dalam Proses Akreditasi

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 81 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 1.134
Keketatan 7,14%



Prospek profesi

Kebutuhan keahlian Teknologi Pasca Panen diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia (SDM) untuk industri pertanian, industri perkebunan, industri peternakan, industri kesehatan dan farmasi, pasar modern, industri benih, inovator peralatan pertanian dan pengolahan hasil pertanian, instansi pemerintah, serta institusi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan peneliti dan tenaga pengajar.



Mata Kuliah