span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Farmasi Klinis dan Komunitas
Sekolah Farmasi
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Program studi Farmasi Klinik dan Komunitas lebih banyak berorientasi pada pelayanan kefarmasian. Hal ini sejalan dengan paradigma baru pelayanan kefarmasian di mana sekarang tidak hanya difokuskan pada produk, tetapi juga lebih berorientasi diarahkan pada pasien. Oleh karenanya pada program studi ini, selain mahasiswa akan memelajari berbagai mata kuliah yang bersifat kefarmasian seperti: Kimia Analisis, Mikrobiologi, Bioteknologi, Botani Farmasi, Farmakologi, Biofarmasi, dan Farmasi Klinik; mahasiswa juga akan memelajari mata kuliah yang menunjang sisi pelayanannya seperti: Farmakokinetik Klinik, Farmakoekonomi, Sosial Farmasi, Ilmu Komunikasi, Farmasi Rumah Sakit, Manajemen Kewirausahaan, dan lain-lain.

Gelar Lulusan

S.Farm. Sarjana Farmasi

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 60 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 1.176
Keketatan 5,10%



Prospek profesi

Lulusannya bisa bekerja di sektor perdagangan obat dan alat kesehatan membutuhkan sarjana Farmasi Klinik dan Komunitas karena produk obat-obatan dan alat kesehatan harus memenuhi standar keamanan, efikasi, dan kualitas. Bidang Farmasi Komunitas seperti Rumah Sakit dan Apotek, selain sebagai penanggungjawab apotek, apoteker juga bisa melakukan pelayanan informasi obat kepada masyarakat, menjadi partner dokter dalam hal memberikan obat pada pasien. Bidang Kebijakan, sebagai Sarjana Farmasi/Apoteker dapat merintis karier di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Direktorat Jenderal Pelayanan Kefarmasian, atau Departemen Kesehatan. Bidang Industri Obat-obatan dan Produk Biologi seperti Sanbe Farma, Kalbe Farma, Bio Farma, Kimia Farma, Bayer, dan sebagainya. Bidang Industri Makanan seperti Nestle, Wingsfood, Indofood, Ultra, dsb. Bidang Industri Kosmetik seperti Sari Ayu, Mustika Ratu. Bidang Industri perbekalan rumah tangga dan kesehatan seperti Unilever, dan P&G. Industri jamu dan obat tradisional seperti : Air mancur, Borobudur, Sido muncul. Bidang Riset dan Pendidikan seperti Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian.



Mata Kuliah