span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (Kampus Ganesa)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Teknik Fisika (TF) dikenal sebagai program studi yang mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan aspek fisika dan teknologi. Dengan begitu, keilmuan yang diberikan di sini akan membuat mahasiswa memiliki kemampuan untuk memandang persoalan teknik dengan pandangan yang luas dilihat dari berbagai aspek kefisikaannya. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika dilihat banyak pelajaran di Teknik Fisika yang sebenarnya mirip atau sama dengan program studi lain seperti program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Material.

Gelar Lulusan

S.T. Sarjana Teknik

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN 
SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 142 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 2.034
Keketatan 6,98%



Prospek profesi

Lulusan program studi Teknik Fisika dapat bekerja sebagai insinyur profesional dalam bidang instrumentasi, bidang tata udara, tata cahaya dan suara, bidang rekayasa sistem dan teknologi informasi dan sebagainya di industri proses, konsultan / kontraktor, perusahaan – perusahaan rekayasa (engineering companies), di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, lulusan Teknik Fisika juga dapat bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi, peneliti dan birokrat pada lembaga-lembaga pemerintah. Dewasa ini, juga banyak lulusan Teknik Fisika yang menjadi wirausaha khususnya dalam bidang kerekayasaan.



Mata Kuliah