span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Teknik Kelautan
Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (Kampus Ganesa)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Pada program studi Teknik Kelautan, mahasiswa akan memelajari tentang laut, bangunan lepas pantai, proses pantai, bangunan pelindung pantai, teknik perkapalan, akustik bawah laut, hidrodinamika laut, dan penyebaran polutan. Mahasiswa Teknik Kelautan juga akan belajar mengenai data-data yang terkait dengan kondisi laut dan pantai dan juga bagaimana mengolah data-data tersebut. Dari hasil tersebut, mahasiswa dapat merancang dan mendesain struktur bangunan yang tepat untuk dibangun di daerah pantai, laut, maupun permukaan air lainnya.

Gelar Lulusan

S.T. Sarjana Teknik

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 137 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 2.819
Keketatan 4,85%



Prospek profesi

Lulusan program studi ini dapat bekerja di industri rancang-bangun bangunan pantai (perlindungan terhadap abrasi pantai oleh gelombang laut, reklamasi, sirkulasi air dalam pembangkit listrik tenaga gelombang dan tenaga pasang surut, dan sebagainya); Industri rancang-bangun infrastruktur bagi eksplorasi dan eksploitasi minyak bumi dan mineral lepas pantai; Industri rancang-bangun infrastruktur transportasi laut (pelabuhan, jembatan laut, pengerukan, dan lain-lain); Penanggulangan masalah sedimentasi di muara-muara sungai; Konservasi kawasan pesisir dan lingkungan laut; Pengendalian masalah Lingkungan Laut dari kegiatan eksploitasi minyak bumi dan mineral; Industri rancang-bangun perkapalan; Bidang kerja teknik kelautan lainnya, baik dalam lingkup penelitian, pendidikan dan pemerintahan.



Mata Kuliah