span 1 span 2 span 2
Aeronotika
Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Aeronotika dan Astronotika merupakan suatu program bidang studi yang memelajari bidang keilmuan yang berkaitan dengan bidang kedirgantaraan, seperti perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat terbang serta wahana antariksa lain. Program studi ini dahulu dikenal dengan nama Teknik Penerbangan. Di luar lingkungan ITB, Program Studi Aeronotika dan Astronotika sering mendapat persepsi yang salah. Sebagai contoh, banyak orang awam yang mengira bahwa mahasiswa Aeronotika dan Astronotika adalah calon pilot. Anggapan lain adalah lulusan Aeronotika dan Astronotika hanya mengetahui bidang yang sangat spesifik. Namun sesungguhnya program studi ini memelajari ilmu-ilmu dasar keteknikan yang cukup luas dan mampu membentuk lulusan yang memiliki kemampuan yang kritis di berbagai bidang engineering.

Gelar Lulusan

S.T. Sarjana Teknik

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 120 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 3.043
Keketatan 3,94%



Prospek profesi

Lulusan program studi ini dapat bekerja di bidang industri Manufaktur (PT. DI); Industri Komponen Kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika (LEN, PT. INTI), hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar; Industri Jasa, yang meliputi jasa perawatan (ACS-PT.DI, GMF-AeroAsia, INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, Kohanudnas); Lembaga Penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN); Lembaga Pendidikan (ITB, AAU, Sekbang-AU, dll); Lembaga Pemerintahan (Departemen Perhubungan).



Mata Kuliah