span 1 span 2 span 2
Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pemahaman mengenai fenomena alam serta kemungkinan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia. Pada program studi ini, mahasiswa akan memelajari berbagai hal ditinjau dari aspek fisisnya. Sebagai contoh, dalam fisika dipelajari tentang gelombang, sifatnya, perilaku gelombang, dan contoh dalam peristiwa sehari-hari.

Gelar Lulusan

S.Si. Sarjana Sains

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

- Fisika Material Elektronik
-
Fisika Magnetik dan Fotonik

- Fisika Sistem Kompleks
-
Fisika Nuklir dan Biofisika
-
Fisika Teoritik Energi dan Instrumentasi




Keketatan

Daya Tampung 180 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 1.921
Keketatan 9,37%



Prospek profesi

Lulusan program studi ini dapat bekerja di bidang Perminyakan dan Pertambangan (PERTAMINA, Freeport, dan lain-lain) sebagai seorang field engineer. Bidang Industri Manfaktur dan Industri Telekomunikasi (PT INTI, PT Telkom, dan lain-lain) bekerja di bagian Research and Development dan juga dapat bekerja sebagai seorang QA/QC (Quality Assurance / Quality Control). Bidang Industri Keuangan dan perbankan (Asuransi, Danareksa, Bank) sebagai tenaga pemasar, audit internal, atau credit analyst officer. Bidang Industri Teknologi Informasi (DELL, Oracle, IT Professional) sebagai seorang software developer di berbagai perusahaan. Bidang Institusi Riset dan Pengembangan (LIPI, BATAN, BPPT) menjadi seorang peneliti di lembaga-lembaga penelitian baik milik pemerintah maupun swasta. Bidang Institusi Pendidikan menjadi seorang guru atau seorang dosen.



Mata Kuliah