span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Teknik Geologi
Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Deskripsi

Program studi Teknik Geologi memelajari ilmu tentang bumi dengan berbagai aspeknya, termasuk di dalamnya adalah batuan, bentuk atau struktur dan hubungan antar batuan serta proses kejadiannya. Ilmu-ilmu yang dipelajari di Teknik Geologi bertujuan untuk memberikan mahasiswa pengetahuan agar mampu menjelaskan keadaan alam dan proses yang terjadi di permukaan bumi dan dari dalam bumi. Disamping itu, setelah mendapatkan kuliah di program studi ini, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang ada, serta memberikan saran dalam bidang keteknikan, lingkungan dan bencana, yang berkaitan dengan kebumian.

Gelar Lulusan

S.T. Sarjana Teknik

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN




Biaya Kuliah

Rp12.500.000,- (Besaran Uang Kuliah Tunggal di ITB untuk jurusan dari fakultas non Sekolah Bisnis dan Manajemen). Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan subsidi biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 112 (Daya Tampung Fakultas Jalur SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 1.470
Keketatan 7,61%



Prospek profesi

Lulusan program studi ini dapat bekerja di bidang Industri Perminyakan dan Gas Bumi sebagai ahli yang bertugas untuk melakukan proses eksplorasi minyak dan gas bumi, misalnya: Medco Energi, Pertamina, Chevron, ExxonTotal Indonesia,dan lainnya. Pada bidang Industri Pertambangan, sarjana Teknik Geologi bertanggungjawab untuk mencari potensi Sumber Daya Alam seperti mineral berharga dan batu bara, misalnya: PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Timah. Di bidang Konsultan Teknik Geologi akan mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan proses eksplorasi Sumber Daya Alam, oleh karena itu konsultan Teknik Geologi akan banyak bekerjasama dengan industri-industri perminyakan dan penambangan. Bidang Lembaga atau Pusat Penelitian dan Istansi Pemerintahan, Sarjana Teknik Geologi akan mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses eksplorasi Sumber Daya Alam. Beberapa instansi pemerintah yang membutuhkan sarjana Teknik Geologi misalnya Direktorat Energi dan Sumberdaya Mineral, Kantor Wilayah (Kanwil), BAPPENAS, BAPPEDA.



Mata Kuliah