span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Journalist

Deskripsi

Jurnalis memiliki tugas untuk mengumpulkan informasi dan menuliskannya dalam bentuk berita yang akan mengangkat sebuah isu di lingkungan masyarakat. Berita yang dibuat oleh seorang jurnalis harus melalui pengumpulan sumber-sumber yang faktual, obyektif, dan memastikan semua argumen terwakili. Jurnalis dapat membuat berita dengan cakupan topik yang luas, seperti politik, budaya, olahraga, hukum, dan lain-lain.

Berbagai profesi terkait

  • Wartawan Lapangan
  • Wartawan Digital
  • Jurnalis
  • Juru Warta
  • Reporter

Kisaran Pendapatan

Gaji Journalist berkisar Rp3.100.000 hingga Rp8.700.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komunikasi, Jurnalistik, Public Relations, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Aliansi Jurnalis Independen.



Keahlian dibutuhkan

Keahlian menulis memang menjadi modal utama bagi seorang jurnalis. Sebab, dengan kemampuan itu lah seorang jurnalis mampu menyaring dan menyusun informasi yang dimilikinya ke dalam bentuk baru yang menarik untuk dikonsumsi oleh masyarakat dan mudah dimengerti. Tak hanya menulis, seorang jurnalis juga perlu memiliki kemampuan berbicara yang baik, terutama apabila ia berkarir sebagai jurnalis televisi atau radio agar ia dapat menyampaikan berita secara jelas kepada audiens.

Seorang jurnalis juga wajib kritis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi atas peristiwa atau masalah yang sedang terjadi. Kedua hal ini diperlukan agar ia dapat memperoleh informasi-informasi baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Selain itu, profesi ini pun wajib memiliki kreativitas dan penuh dengan ide supaya ia dapat memunculkan wacana atau sudut pandang baru kepada masyarakat atas terjadinya sebuah peristiwa atau masalah. Untuk itu, seorang jurnalis juga perlu memperhatikan orisinalitas karya yang ia buat.

Dalam menentukan topik berita, seorang jurnalis wajib memiliki kepekaan sosial dan sensitivitas masalah yang kuat. Sebab, ia harus mengetahui peristiwa atau masalah apa yang penting dan menarik untuk diberitakan. Di luar itu, seorang jurnalis juga wajib menguasai topik yang ditugaskan padanya. Misalnya, jurnalis olahraga harus fasih soal olahraga, jurnalis politik harus paham dunia politik, dan seterusnya. Oleh karena itu, seorang jurnalis dituntut untuk rajin membaca agar ia berwawasan luas.



Instansi pekerjaan

  • Media massa