span 1 span 2 span 2

News

Nomophobia: Phobia Tidak Adanya Ponsel
Oleh : Halimah Nusyirwan
19 Februari 2019
Dibaca Normal 5 Menit

News Overview

Nomophobia. Istilah ini mungkin terdengar asing bagi kita. Nomophobia merupakan istilah dari No-Mobile-Phobia yang berarti phobia atau ketakutan dengan tidak adanya ponsel di dekat kita.


Kemunculan Awal Nomophobia
 

nomophobia
Sumber: futurecdn.net

Nomophobia pertama kali dicetuskan oleh sebuah organisasi penelitian bernama YouGov yang berada di Inggris. Pada tahun 2008, para peneliti melaporkan bahwa 53% dari para pengguna ponsel sering merasa resah ketika mereka tidak bisa menggunakan ponsel mereka. Para penderita Nomophobia sering kali memastikan ponselnya tidak mati atau bahkan kehilangan sinyal.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Gail Kinman dari University of Bedfordshire, Inggris, Nomophobia mirip dengan kecanduan yang dapat membuat orang-orang sibuk dengan ponselnya dan bergantung pada benda tersebut, terutama ketika mereka merasa depresi, resah, dan kesepian, serta menjadikan ponsel sebagai penyelamat mereka.

Keadaan seperti ini sebenarnya menunjukkan bahwa tanpa disadari, para pengguna ponsel ini seperti dikontrol oleh ponsel mereka masing-masing. Bagi mereka, ponsel adalah segalanya dan sudah menjadi bagian penting bahkan utama dari kehidupannya yang tidak akan bisa dilepaskan.

Nomophobia di Kehidupan Sehari-hari
 

nomophobia
Sumber: geekinsider.com

Adanya kecenderungan seperti itu tentu bukanlah hal yang jarang ditemui saat ini, mengingat perkembangan jaman yang semakin maju dengan adanya internet dan sosial media. Segala hal dapat dilakukan dengan ponsel dan tak bisa dipungkiri kalau komunikasi yang paling sering dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan ponsel. Selain itu, kita juga kerap menemukan orang-orang yang tidak bisa tidur tanpa ponselnya disampingnya.

Nomophobia sendiri saat ini menjadi salah satu phobia yang memiliki jumlah penderita terbanyak. Meskipun phobia ini berbeda dengan phobia pada biasanya, Nomophobia sebenarnya cukup mengkhawatirkan mengingat efek serta dampak negatif yang diberikan.

baca juga: Koumpounophobia: Mengenal Phobia pada Kancing

Terganggunya Hubungan Sosial
 

couple
Sumber: videoblocks.com

Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Nomophobia dapat mempengaruhi hubungan sosial penderita dengan lingkungan disekitarnya. Banyak dari mereka yang secara fisik berada di tempat yang sama, akan tetapi pikiran mereka tidak di sana. Orang-orang kini banyak yang sibuk dengan ponselnya masing-masing ketika berkumpul dengan teman-teman atau keluarganya. Hal ini menunjukkan bahwa mereka terkesan menjadi anti sosial dengan tidak memanfaatkan waktu kebersamaan yang ada untuk saling bercengkrama bersama orang-orang yang hadir di tempat itu dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan ponsel mereka.

Menurunnya Kesehatan
 

sick
Sumber: chccw.org

Radiasi yang datang dari ponsel juga membahayakan bagi kesehatan manusia. Radiasi yang dipancarkan oleh layar ponsel tidak bagus bagi kesehatan mata, terutama ketika menggunakan ponsel di tempat yang kurang pencahayaan. Memainkan ponsel sambil tiduran dan dalam posisi miring juga menurunkan fungsi mata yang dapat membuat orang-orang menderita Miopi (rabun jauh) dan silinder.

Siklus tidur yang tidak beraturan karena terlalu larut memainkan ponsel membuat kualitas tidur menurun. Kurangnya jam tidur yang sesuai dengan aturan kesehatan membuat orang-orang mudah diserang penyakit dan diserang rasa lelah yang berlebihan.

baca juga: Parasocial Relationship: Hubungan "Khusus" antara Artis dengan Penggemarnya

Tidak Produktif
 

produktif
Sumber: mentalfloss.com

Tidak bisa berpisah dengan ponsel membuat banyak orang tidak bisa membagi waktu dengan baik. Mereka cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama dengan ponsel mereka dibandingkan melakukan sesuatu yang produktif, seperti bekerja. Jika sudah mencapai tahap ini, orang-orang akan mengalami masalah dengan pekerjaan mereka yang tidak selesai dikarenakan kelalaian masing-masing. Menurunnya performa kerja juga mengganggu akibat susahnya membagi fokus dalam mengerjakan sesuatu sehingga tidak memungkinkan bagi orang tersebut untuk multitasking.


Nomophobia menjadi salah satu phobia yang paling sering ditemui di kehidupan masyarakat saat ini. Phobia ini juga memiliki berbagai dampak negatif yang tidak hanya membahayakan penderitanya, namun juga memberikan efek bagi orang-orang disekitarnya.

0 Comments