span 1 span 2 span 2

News

Kuliah buat Mahasiswa Stres, Masih Mau Lanjut?
Oleh : Bella Karina Arviyanti
01 April 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Pernahkah berpikir kalau kuliah buat mahasiswa stres? Setiap mahasiswa pasti mengalami stres di perkuliahan, yang membedakan satu dengan yang lain adalah bagaimana mahasiswa itu atasi stresnya masing-masing.

Bingung bagaimana cara atasinya? Simak cara atasi pusingnya perkuliahan.


stres
Sumber: pexels.com

Jangan Sembunyi! Mulai Gunakan Tempat Umum yang Buat Kamu Nyaman
 

library
Sumber: pexels.com

Jika kamu punya tugas yang perlu dihadapi atau perlu belajar untuk perkuliahan cobalah untuk melakukannya di tempat publik seperti perpustakaan kampus. Dengan begitu kamu bisa mengenal teman baru, menemukan referensi lebih banyak, dan tidak hanya berdiam di kamar, asrama atau kosan saja.

Stop Distraksi Diri dan Kembali Ke Prioritas Waktu Maupun Tujuan
 

Mahasiswa sering kali menunda pekerjaan dengan mendistraksi diri dari perkuliahan. Studi menunjukkan ketika kamu mengatur waktumu dengan baik, kamu tidak hanya akan berkinerja lebih baik, tingkat stres pun dapat dikurangi.

Latihan Fisik Bisa Jadi Penyokong Mood Agar Lebih Baik
 

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres dan memperbaiki penampilan adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati, melepas ketegangan dan membuat tubuh sehat dan bugar. Meski hanya 10 menit latihan seperti: joging, berjalan kaki, melakukan yoga, cukup efektif hilangkan stres, lho.

Yuk mulai berolahraga untuk hindari stres!

baca juga: Tips agar Lebih Produktif

Kamu Adalah Apa yang Kamu Makan
 

makan
Sumber: freepik.com

Penelitian membuktikan makan makanan dengan porsi yang baik dan sehat dapat melawan stres. Sedangkan makan makanan yang tak sehat seperti makanan cepat saji dapat menimbulkan efek yang buruk pada tingkat stres seseorang.

Hindari juga kafein, skip makan, maupun makan berlebihan, ya! Mulai hidup sehat dengan makan sayur, buah, dan perbanyak minum air putih.

Kapan Terakhir Kali Kamu Berjumpa Dengan Kawan?
 

Menghabiskan waktu bersama teman bisa membantu kurangi stres perkuliahanmu dengan mengarahkan energimu keluar, lho. Bersosialisasi dapat memperkuat tujuan dan memotivasimu sebagai mahasiswa.

Jadi pergilah bersama teman-teman, bergabung dengan grup diskusi belajar, atau sekadar berkumpul dan ngobrol dengan kenalan lama untuk dikelilingi dengan orang-orang yang bisa membantumu.

Kuliah Buat Mahasiswa Stres, Pernahkah Perhatikan Kesahatan Mentalmu?
 

Stres dalam perkuliahan memang tidak bisa dihindari oleh mahasiswa. Memprioritaskan kesahatan mentalmu sejak awal sangat penting untuk kelancaran perkuliahanmu.


Jika kamu mengalami kesulitan untuk mengatasi stresmu di perkuliahan, kamu bisa mencoba konsultasi online dengan Riliv. Psikolog profesional akan membantumu di mana saja dan kapan saja!

Konten ini merupakan kerjasama antara Kinibisa dengan Riliv. Riliv adalah startup konseling online dengan psikologi nomor 1 di Indonesia. Riliv senantiasa mengajak masyarakat untuk lebih sadar dengan kesehatan mental mereka.

0 Comments