span 1 span 2 span 2

News

Ingin Jadi Chef? Ini 5 Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia
Oleh : Calvin Geraldo S
05 Agustus 2019
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Dunia kuliner merupakan salah satu hal yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat karena memang pada kenyataannya masyarakat atau manusia selalu membutuhkan asupan sebagai energi untuk melakukan aktivitas.

Untuk dapat memasak sebenarnya dapat dilakukan secara otodidak dengan mulai memasak hal-hal sederhana. Namun untuk dapat diakui sebagai seorang Chef atau juru masak profesional, seseorang harus terlebih dahulu menempuh pendidikan memasak untuk mendapatkan sertifikat juru masak resmi.

Nah, berikut 5 sekolah kuliner di Indonesia yang dapat menjadikan diri kalian sebagai seorang juru masak profesional yang andal.


Jakarta Culinary Center - Jakarta
 

Sekolah kuliner yang ada di Ibu Kota satu ini, bernama Jakarta Culinary Center. Jakarta Culinary Center merupakan institusi masak pertama di Indonesia yang melahirkan para enterpreneur dan juru masak profesional dalam kurikulum yang terintegritas dan dibimbing oleh instruktur kuliner terbaik.

Masa program sekolah ini adalah selama 12 bulan serta sekolah ini juga menyediakan program spesial untuk Barista dengan waktu intensif selama 4 hari untuk mempelajari pengetahuan kopi secara teori dan praktik yang juga dapat mengarahkan para pelajarnya menjadi pengusaha coffee house.

dapur
Sumber: jakartaculinary.com

Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua – Yogyakarta
 

Kalian yang di Yogyakarta dan bercita-cita menjadi seorang juru masak profesional, tapi merasa bingung harus ke mana untuk belajar soal kuliner? Kalian gak perlu khawatir lagi soal itu, karena ternyata di Yogyakarta ada sekolah kuliner yang tidak kalah berkualitas dengan yang ada di kota-kota lainnya, yakni Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua.

baca juga: kisah inspiratif Chef Juna

Perempuan, daun
Sumber: sekolahkuliner.budimuliadua.com

Meskipun Yogya kental dengan kuliner dan budayanya yang tradisional, di sekolah kuliner ini kalian akan diajarkan untuk mengolah dan menghidangkan masakan khas kontinental dan oriental dengan dididik langsung oleh para instruktur andal di bidangnya. Program yang diadakan oleh sekolah ini berlangsung selama satu tahun, jadi cocok bagi kalian yang ingin cepat-cepat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama bersekolah.

The Sages Institute International – Surabaya
 

Sekolah yang berikutnya terletak di Surabaya, yakni The Sages Institute International. The Sages Institute International merupakan sekolah kuliner yang secara khusus berfokus dalam pembentukan juru masak yang hebat dalam bidang  Culinology, Hospitality, dan Gastronomy yang tidak semua sekolah kuliner menyediakan bidang tersebut.

baca juga: kisah inspiratif Chef Arnold

Sekolah kuliner yang sudah dibuka sejak tahun 2006 ini juga terkenal dengan salah satu fokusnya, yaitu Fine Culinary Art yang akhir-akhir ini sedang booming lagi di dunia kuliner Indonesia.

Dapur
Sumber: sagesinst.org

Dengan kurikulum yang sudah berstandar Internasional dan visi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui pendidikan kuliner, sangat cocok bagi kalian yang ingin menjadi seorang profesional juru masak dengan latar belakang pendidikan yang kuat dan berkualitas tinggi.

Bali Culinary Pastry School – Bali
 

Banyaknya tempat wisata di Bali, menuntut juga banyaknya tempat kuliner untuk hadir di Bali. Selalu bertumbuhnya wisatawan domestik dan mancanegara juga menjadi sebuah keharusan bahwa setiap tempat patut berlomba untuk menarik hati serta memenuhi kebutuhan para wisatawan dalam hal kuliner. Maka tidak heran bila banyak juru masak andal yang lahir dan tumbuh di Bali. Salah satu tempat lahirnya para juru masak andal di Bali dan Indonesia adalah Bali Culinary Pastry School.

Sekolah
Sumber: baliculinarypastryschool.com

Bali Culinary Pastry School merupakan sekolah kuliner yang bekerja sama dengan Dusit Thani College dan didirikan dengan tujuan memberikan peluang bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengembangkan keahlian serta menjadi profesional dalam bidang kuliner. Pendidikan yang diberikan di sekolah ini berlangsung selama 3 hingga 9 bulan yang di dalamnya terdapat masa sekolah dan masa industri.

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP Bandung) – Bandung
 

Satu lagi sekolah kuliner yang dapat kalian jadikan tempat untuk belajar menjadi seorang juru masak profesional adalah STP Bandung. Memang, sekolah ini bukan hanya berfokus pada bidang kuliner saja, melainkan secara umum menjadi sekolah pariwisata. 

STP Bandung memiliki beberapa program yang salah satunya adalah Hospitaliti yang setidaknya ada tiga program studi yang dapat menjadikan kalian menjadi andal dalam bidang kuliner, yakni Manajemen Tata Hidang, Manajemen Tata Boga, dan Manajemen Patiseri. Namun, selayaknya perguruan tinggi, masa studi di sekolah ini adalah 6 semester dan berkisar rentang 3-5 tahun dengan bergelar A.Md.Par.

Bartender
Sumber: stp-bandung.ac.id


Itu tadi daftar sekolah kuliner di Indonesia yang dapat menjadikan kalian seorang juru masak yang profesional dan andal. Terus belajar ya, Kibiers!

0 Comments