span 1 span 2 span 2

News

7 Tips Masuk PTN Favorit Buat Kamu Anak SMA!
Oleh : Tim Kinibisa
12 Desember 2018
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi penting dilakukan sejak awal. Dengan persiapan dan perencanaan yang matang, Anda bisa lebih tenang saat akan menghadapi tes saringan masuk PTN. Mereka yang memiliki persiapan lebih baik sangat besar kemungkinan mengalahkan kandidat lain.

Kami telah mempersiapkan 7 tips penting dan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk membuat proses persiapakan masuk PTN menjadi lebih efektif.


Mengikuti Program yang Diadakan di Sekolah
 

freepik
Sumber: freepik.com

Jika beruntung Anda bisa mendapatkan program bimbingan dari sekolah untuk mendapatkan keterampilan dan pelajaran penting agar berhasil masuk ke PTN favorit. Jika SMA Anda tidak menyediakan fasilitas ini, maka pertimbangkan untuk mengikuti program mentoring di luar sekolah untuk mempersiapkan tes masuk PTN.

Program mentoring seperti ini tidak hanya membantu Anda untuk menjawab soal-soal saat ujian. Disini Anda juga bisa berkonsultasi dengan para mentor berkaitan dengan jurusan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Memilih Jurusan Atau PTN yang Berhubungan Dengan Karier di Masa Depan
 

freepik
Sumber: freepik.com

Pertimbangkan untuk mengetahui pilihan karier yang ingin dijalani di masa depan. Jika Anda mengetahui minat dan karier yang akan dijalani, maka memilih PTN dan jurusan akan terasa lebih mudah untuk dilakukan.

Jika Anda tertarik dengan pekerjaan TI, maka jurusan komputer bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau berminat untuk menjadi seorang guru, maka FKIP bisa menjadi pilihan.

baca juga: 5 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Mulai Mencari Tahu PTN yang Akan Dituju
 

freepik
Sumber: freepik.com

Jika Anda telah mengetahui jurusan yang akan dipilih, maka langkah selanjutnya adalah perlu mempersempit pilihan PTN menjadi 2-3 saja. Mulailah mencari tahu informasi tentang PTN yang akan dituju. Semakin banyak tahu tentang PTN yang akan dituju, maka akan semakin nyaman Anda menentukan pilihan.

Informasi seperti kualitas dosen, aktivitas di luar kampus, dan budaya perguruan tinggi bisa menjadi informasi yang penting diketahui oleh Anda.

Berlatih dan Berlatih!
 

freepik.com
Sumber: freepik.com

Berlatih menjawab soal sangat bermanfaat untuk membiasakan diri Anda dengan jenis soal yang kemungkinan akan masuk. Tentukan jenis soal yang kurang Anda kuasai dan mulailah melatih diri pada bidang tersebut. Manfaatkan semua fasilitas yang bisa diperoleh, misalnya belajar online, tutor, kursus persiapan masuk PTN, dan lain sebagainya.

Tanpa latihan untuk menjawab soal-soal saat ujian, Anda akan kesulitan untuk menjawab soal nantinya dan ini akan berpengaruh para peluang keberhasilan masuk PTN.

Bertanya Pada Guru yang Memahami Anda Dengan Baik
 

freepik
Sumber: freepik.com

Bertanyalah pada guru yang mengenal Anda dengan baik untuk mendapatkan rekomendasi dari mereka. Guru yang mengenal Anda dengan baik bisa mempertimbangkan pilihan PTN dan jurusan yang sesuai dengan prestasi akademik, kepribadian, dan jenjang karier yang lebih cerah di masa depan.

Jangan Stres
 

freepik
Sumber: freepik.com

Agar terhindar dari stres saat akan menentukan pilihan PTN yang akan dituju, maka kami sangat menyarankan Anda untuk mulai melakukan pencarian sejak 1 tahun ke belakang. Waktu selama 1 tahun akan memberikan Anda cukup untuk meneliti PTN yang akan dituju dan mempersiapkan semua hal yang terkait dengan ujian masuknya kelak.

Terorganisir dan Tetap Fokus
 

freepik
Sumber: freepik.com

Langkah terakhir adalah Anda perlu mempersiapkan kumpulan dokumen untuk setiap perguruan tinggi yang menarik minat dan letakkan informasi yang relevan di dalamnya. Tetap fokus pada tujuan yang akan dicapai yaitu masuk ke PTN pilihan Anda. Buat sebuah daftar yang harus Anda lakukan untuk merencanakan tugas yang perlu dilakukan agar bisa masuk ke PTN favorit.

bingung memilih jurusan universitas? ayo cek perbandingan universitas di kinibisa


Jika Anda berkomitmen untuk melakukan semua tahapan yang disampaikan di atas, maka kesempatan untuk masuk ke PTN favorit akan semakin terbuka lebar. Ikuti kursus sebelum masuk ke PTN, berlatih soal-soal, meminta rekomendasi dengan guru, dan tetap fokus pada tujuan akhir Anda.

Ingatlah, ada banyak pihak yang akan bersaing dengan Anda untuk masuk ke PTN favorit. Tanpa adanya persiapan yang matang dan rencana sejak dini, maka akan semakin kecil kemungkinan bisa mengalahkan mereka yang memiliki persiapan lebih baik. 7 tips di atas bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri masuk ke PTN impian.

0 Comments