span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Bubah Alfian: Kerja Keras yang Berbuah Kesuksesan
Oleh : Halimah Nusyirwan
26 Juni 2018

Highlight

Saya pikir, menjadi makeup artist itu nggak ada yang bisa saya banggakan, nggak ada yang bisa saya saya sombongin. Saya tuh tetap menjual jasa. Jadi harus tetap apa adanya.

Sosok Bubah Alfian
Sosok Bubah Alfian
Sumber:
jakarta.tribunnews.com

Pria yang lahir pada tanggal 30 Mei 1987 dan memiliki nama asli Zakharia Mahfudi Alfiansyah ini lebih dikenal dengan nama Bubah Alfian sebagai salah satu Make-Up Artist (MUA) profesional ternama di Indonesia. Bubah sudah dikenal bahkan menjadi MUA langganan para artis tanah air, pejabat hingga sosialita Indonesia. Saat ini ia juga termasuk salah satu MUA yang sukses melebarkan sayapnya di kancah internasional.



"Kalau kita nggak bekerja keras, kita nggak bisa makan, nggak bisa meniti karier."

Dari Bercita-citakan Seorang Dokter Hingga Menjadi Penata Rias Berbakat
 

Bubah Alfian
Bubah Alfian
Sumber: 
kumparan.com

Tak pernah terbersit di pikiran seorang Bubah untuk berkarier sebagai seorang MUA. Setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas, Bubah bermimpi untuk melanjutkan Pendidikan di sekolah kedokteran. Akan tetapi ketakutannya dengan darah menyurutkan niat dan mimpinya untuk menjadi seorang dokter. Memiliki bakat dalam bidang kecantikan adalah hal yang sudah dimiliki Bubah sedari kecil. Sang ibunda yang melihat potensinya tersebut akhirnya menjadi orang pertama yang mendorong Bubah untuk menekuni bidang kecantikan hingga menawarkan untuk membangun usaha salon untuknya. Apalagi Bubah pun mengakui bahwa bisnis salon di Jember saat itu sedang berkembang sangat pesat. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, akhirnya ia pun setuju dengan saran ibunya dan mulai belajar di kursus salon Rudy Hadisuwarno.

Pada awalnya Bubah belum benar-benar menekuni bidang tata rias sampai waktu ketika ia mengikuti Jember Fashion Carnival pada tahun 2007 yang memperkenalkannya dengan dunia make-up dan tata busana atau kostum. Semenjak itulah Bubah menyadari bahwa ia memiliki minat yang besar pada bidang tata rias dan di tahun 2011 ia memutuskan untuk hijrah ke Jakarta dengan harapan ingin membangun kariernya sebagai MUA profesional.

Perjuangan Meniti Karier di Ibu Kota

 

Bubah Alfian
Bubah Alfian
Sumber:
bintang.com

Perjalanan Bubah di ibu kota bukanlah suatu perjalanan yang mudah. Ia pun mengakui bahwa awal ketika ia tiba di Jakarta, ia tidak berbekalan uang yang cukup dan hanya bermodalkan nekat, keterampilan, dan pengalaman yang ia per oleh di kota asalnya.

“Sebenarnya ke Jakarta itu nggak direstuin orangtua, mama kan sudah terlanjur bikin salon, cuma yaudah. Saat itu nggak bawa duit, jual laptop laku Rp 2.500.000 dan saya ikut lomba makeup, akhirnya saya menang, dan uang hasil lomba itu saya jadikan modal hidup di Jakarta," kata Bubah dikutip dari wawancaranya dengan Detik (07/08/2017).

Hidup di ibu kota tentunya menjadi tantangan besar untuk Bubah. Ia bertahan hidup di kost-kost an kecil yang hanya berisikan tempat tidur yang sudah lapuk dan lemari kardus. Ia pun bertahan hidup di Jakarta hanya bergantung dari hasil kemenangannya ketika mengikuti berbagai perlombaan seperti salah satunya yaitu Gading Beauty Award pada tahun 2011. 2 tahun pertama hidup di Jakarta ia lalui dengan bekerja untuk berbagai salon dan majalah. Bubah bahkan berkeliling menawarkan jasa makeupnya ke orang-orang dan para fotografer.

"Awal-awalnya nggak dibayar sama mereka, tapi lama-lama mulai diapresiasi, dibayar sama mereka. Saya nyewain kostum, saya makeupin mereka, saya jagain sampai sore, habis itu malamnya saya juga masih yang jahit baju, saya bekerja sampai 20 jam lah sehari, dan dalam setahun saya cuma libur empat hari," ucapnya dikutip dari Kumparan (21/01/2017).

Bermula dari ANTM cycle 2.0 hingga The Amazing Race USA
 

Bubah Alfian saat mendandani Bebe Rexha.
Bubah Alfian saat mendandani Bebe Rexha.

Sumber: beauty.popbela.com

Kesempatan besar untuk membesarkan namanya sebagai MUA professional datang ketika salah satu temannya menelepon Bubah dan memintanya untuk mengirimkan portofolio Bubah padanya. Awalnya Bubah merasa heran dengan permintaan yang mendadak ini, namun ternyata temannya mengatakan bahwa portofolio itu kan diajukan ke acara America’s Next Top Model cycle 2.0.

Bubah yang saat itu merasa kaget dan tak percaya dengan adanya kesempatan bagus ini akhirnya berhasil melewati tahap seleksi dan resmi dipanggil ke Bali untuk menjadi MUA para finalis ANTM beserta para juri acara tersebut. Di acara ini, Bubah berhasil bertemu dengan banyak artis Hollywood seperti Tyra Banks dan Leven Rambin yang merupakan aktris film blok buster The Hunger Games. Kesempatan ini tentunya tidak dilalui tanpa pengorbanan. Bubah harus membatalkan janji dengan beberapa kliennya demi mengikuti acara bergengsi ini. Dikarenakan ada beberapa pekerjaannya yang tidak bisa di cancel, akhirnya Bubah harus rela bekerja ekstra dengan bolak-balik dari Jakarta-Bali untuk mengejar pekerjaannya.

Keberhasilannya di America’s Next Top Model cycle 2.0 ternyata membuka peluang lainnya dalam melebarkan nama Bubah di kancah internasional. Bubah ditawari untuk menjadi juri tamu untuk salah satu episode acara reality show Amerika, yaitu The Amazing Race USA yang membuatnya semakin dikenal tak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Walaupun sempat terkendala keterbatasan Bahasa, Bubah tetap semangat dan tidak putus asa karena tak ingin melewatkan tawaran yang mungkin hanya datang sekali seumur hidup.

Prestasi dan kerja kerasnya membawa Bubah pada kesempatan berharga lainnya. Dalam sebuah wawancara, Bubah berbagi cerita mengenai pengalaman pertamanya saat mendandani artis Indonesia. Artis tersebut adalah Astrid Tiar. Ia menerima kesempatan tersebut ketika bekerja untuk sebuah majalah di Jakarta dan diminta untuk mendandani Astrid yang saat itu menjadi model sampul majalah tersebut.

Kecakapannya dalam merias wajah membuat para klien Bubah tak pernah merasa kecewa dengan hasil pekerjaannya dan bahkan kebanyakan dari mereka selalu mencarinya untuk kembali bekerja sama. Kepribadiannya yang ramah dan supel menjadi nilai plus yang membuatnya semakin terkenal karena ia dengan mudah dekat dengan para kliennya. Sejak itulah namanya sebagai seorang MUA semakin terkenal hingga ia dinobatkan sebagai “The Most Wanted Make Up Artist”.

Bubah Alfian Sang Make Up Artist Kesayangan Artis Papan Atas Indonesia
 

Bubah Alfian saat mendandani BCL.
Bubah Alfian saat mendandani BCL.

Sumber: instagram.com

Sederet selebritas Indonesia kini dekat dengannya dan menjadi langganan jasa tata rias Bubah seperti Agnez Mo, Rossa, Pevita Pearce, Raline Shah, Cinta Laura, BCL, Nadya Hutagalung, dan artis-artis lainnya, hingga Raisa yang bahkan mempercayakan Bubah sebagai MUA untuk pernikahannya dengan Hamish Daud pada tahun 2017 silam. Bubah juga diberi kesempatan untuk mendandani Miss Universe 2015, Pia Wurtzbach, dan penyanyi terkenal Amerika yaitu Bebe Rexha. Karena banyak yang menggemari hasil riasannya, Bubah berhasil masuk menjadi salah satu nominasi Beauty Voyage Awards dan keluar menjadi pemenang untuk kategori ‘Make Up Artist Favorite’ sebagai hasil dukungan dari masyarakat dan kawan-kawan artisnya.  Ia pun sampai diboyong oleh Cinta Laura untuk menghadiri New York Fashion Week dan saat disana ia sempat diajak untuk bergabung dengan agensi Danielo yang merupakan seorang hair stylist terkenal di Hollywood.

"Saya senang banget ya, perjuangan saya nggak sia-sia, 4 tahun ke Jakarta saya mencoba dan terus mencoba, saya sangat bersyukur sekali atas karier di bidang tata rias," ungkap pria yang dikenal dengan kecintaannya dengan produk lokal ini dikutip dari Vemale (4/02/2016).

baca juga: kisah inspiratif Harumi Sudrajat

Jerih payah dan dedikasi seorang Bubah Alfian di dunia tata rias mengantarkannya menjadi seorang MUA profesional yang sukses dan terkenal baik di Indonesia maupun di luar negeri. Jika ia dulu harus menabung untuk membeli peralatan make up yang diinginkannya, sekarang ia sudah bekerja sama dengan merek-merek tersebut dan bahkan menjadi Brand Ambassador untuk brand Nivea, Make Up Forever, Lamica Brush, dan brand terkenal lainnya. Bubah kini disibukkan dengan kegiatannya dalam berbagi ilmu sebagai pembicara di berbagai acara make up dan juga sebagai TV Host untuk acara Insert Flawless di Trans TV. Kesuksesannya tak membuat Bubah lupa akan siapa dirinya dahulu dan ia juga merasa meskipun ia sekarang sudah berhasil dan terkenal, ia tetap harus terus belajar dan ingat untuk tidak gampang merasa puas dan sombong akan apa yang sudah ia miliki.

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari sosok Bubah Alfian. Kerja keras dan tekadnya dalam menekuni bidang yang ia minati tentunya membuahkan prestasi yang membanggakan sehingga ia saat ini menjadi inspirasi untuk masyarakat, khususnya orang-orang yang ingin memulai karier sebagai MUA di Indonesia. Ia membuktikan bahwa tak ada yang mustahil dalam hidup ini asalkan terus bekerja keras dan tak pernah putus asa dalam meraih mimpi kita. Simak cerita inspirasi lainnya di Kinibisa! ​