span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Farah Quinn: Tidak Ada Yang Salah Untuk Mengejar Mimpi
Oleh : Nanda Aulia Rachman
03 Mei 2018

Highlight

Farah likes being spontaneous and just loves to have fun.

Farah Quinn
Seorang Celebrity Chef asal Indonesia yang berhasil mengangkat sajian kuliner nusantara ke dunia internasional.
Sumber: okeinfo.net

Sebagai negara yang masyarakatnya multikultural, Indonesia mempunyai berbagai makanan tradisional dari berbagai suku dan daerah. Kali ini Kinibisa akan mengangkat seorang tokoh inspiratif yaitu Farah Quinn, seorang Celebrity Chef asal Indonesia yang lama menetap di Amerika Serikat.



"Melakukan sesuatu hal yang kita cinta gak akan pernah salah kok."

Farah Farhanah Quinn lahir di Bandung, 8 April 1980. Ia menghabiskan masa kecilnya di Sumatera. Ia merupakan seorang koki dan selebriti di Indonesia. Kecintaannya terhadap resep dan makanan muncul dari kebiasaan membantu ibunya di dapur sejak kecil.

Perjuangan di Negeri Paman Sam
 

Meski terkenal sebagai seorang koki, dara yang sudah hijrah ke Amerika sejak masa SMA ini menempuh gelar sebagai sarjana ekonomi di Indiana University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Walaupun kontradiktif dengan keinginannya, ia tetap menjalani studinya karena tekanan ayahnya. Setelah lulus, ia lebih tertarik mengejar mimpinya dengan bekerja di dunia kuliner yang sudah diminatinya sedari dulu.

Perempuan berkulit coklat ini memulai karirnya dengan bekerja di Lydia Pittsburgh, sebuah restoran italia yang terkenal di kawasan Pittsburgh, Pennsylvania pada tahun 2001. Sembari bekerja, ia menyempatkan diri untuk mendalami pengetahuan kulinernya dengan bersekolah di Pittsburgh Culinary Institute dengan mengambil spesialisasi di bidang pastry.

bersama anak
Farah Quinn bersama anaknya Armand Fauzan Quinn.
Sumber:
wowkeren.com

“Sewaktu aku tinggal di sana (Amerika Serikat), aku dikenalkan dengan seorang pastry chef. Tadinya aku enggak tahu ada pekerjaan seperti itu. Hal itulah yang buat aku jatuh cinta sama pastry. Akhirnya hobiku bikin aku daftar ke sekolah kuliner. Tapi pada awalnya itu cuman sekadar hobi, ga kepikiran bahwa kedepannya akan jadi chef professional. Melakukan sesuatu hal yang kita cinta gak akan pernah salah kok,” jelas perempuan yang lekat dengan ikon fashion ini kepada Honeycomb (06/01/2014)

Phoenix, Arizona menjadi tujuannya setelah mengemban studi di Pittsburgh. Farah selanjutnya magang pada sebuah restoran di Arizona Baltimore Resort. Farah yang terus memacu dirinya mengikuti berbagai kompetisi untuk mendapatkan keahlian dan pengalaman yang lebih mandalam soal dunia kuliner. Chef Ewald Notter dan Colette Peters pernah menjadi mentor dara cantik ini selama dirinya mengikuti World Pastry Championship.

Setelah merasa cukup, Farah akhirnya memutuskan untuk membuka restorannya sendiri yang bernama Camus di Phoenix, Arizona bersama Carson Quinn, kekasihnya saat itu, pada tahun 2003. Keuletan dan kegigihan Farah membawa Camus pada kejayaan. Restoran tersebut dianugerahi 4 bintang untuk masakan dan juga banyak penghargaan lainnya. Farah mulai diundang ke berbagai acara memasak dan kerap kali diundang untuk tampil di banyak media.

Satu tahun kemudian, ia juga mendapatkan kesempatan untuk menyajikan hidangan kepada berbagai kepala negara G8 di Georgia. Selain menyajikan berbagai makanan bagi kepala negara dan pemerintahan, ibu dari Armand Fauzan Quinn ini juga sering menyajikan makanan untuk teman-temannya di kalangan selebritis dan sosialita mulai dari The Black Eyed Peas sampai Rihanna.

“Aku masih nyimpen foto aku sama dia (Rihanna) karena orang di sini (Indonesia) bilang kami mirip kakak beradik,” ujar Farah dikutip dari Honeycomb (06/01/2014). Walau dirinya menetap hampir 13 tahun di Amerika Serikat, perempuan yang beragama Islam ini mengaku bahwa Indonesia tetap menjadi rumah pertamanya.

Memulai Kembali di Jakarta

sampul majalah
Farah Quinn tampil di sampul majalah Air Asia.
Sumber:
bp.blogspot.com

Pada akhir 2008, anak pasangan Fauzan Rahim dan Nyayu Rachmawaty ini kembali ke tanah air. Ia membuka jejak karirnya dengan menjadi host untuk sebuah program kuliner di sebuah stasiun televisi bersama Helmi Yahya yang pada awalnya mengundang Farah sebagai chef tamu.

Program televisi berjudul Ala Chef yang disiarkan oleh Trans TV dan Asian Food Channel menjadi acara memasak pertamanya di televisi Indonesia. Dara yang gemar berolahraga ini menunjukkan kebolehannya dalam mengolah makanan dengan melakukan berbagai modifikasi resep masakan Indonesia hingga tahun 2013.

Selain Ala Chef, The Big Break menjadi salah satu acara yang dikomandani Farah di Asian Food Channel. Acara yang memberikan kesempatan bagi 12 anak dari kalangan kaum marginal di 6 negara Asia untuk belajar menjadi koki internasional. Farah Quinn, bersama Alan Orreal menjadi juri pada kompetisi memasak yang ditayangkan pada tahun 2012 ini.

Di tahun 2013, ia menjadi duta Air Asia dan membuat resep khusus bagi maskapai ini. Salah satu menu andalannya, Nasi Minyak Palembang, dapat kalian temukan pada penerbangan rute Sumatera pada kesempatan tertentu. Di tahun itu juga, ia membawakan program Top Chef Indonesia, ajang pencarian bakat memasak yang telah sukses di Amerika Serikat sebelumya. Tahun selanjutnya host program Food and Fashion ini beralih ke NET TV dengan menjadi pembawa acara program Queen At Home.

baca juga: kisah inspiratif Rinrin Marinka

Selain aktif memasak, Farah juga seringkali diundang sebagai tamu untuk berbagai acara televisi di Indonesia. Bahkan, ia juga sempat memiliki program talkshow-nya sendiri, With Farah Quinn yang ditayangkan di Trans TV pada tahun 2011. Perempuan penggila olahraga ini telah dihadiahi beberapa penghargaan di luar karir memasaknya yakni;

  • Aktris Terseksi Insert Award 2011
  • The Sexiest Woman Yahoo! OMG 2012
  • Presenter Hobi dan Gaya Hidup Favorit Panasonic Gobel Award 2013

Sebagai seorang individu, Farah mengedepankan diri untuk selalu berpikir positif. Dia ingin mendedikasikan dirinya sebagai seorang ibu yang penyayang. Keluarga, keyakinan, karir dan semua orang yang berada dalam hidupnya menjadi prioritasnya dalam hidup. Seperti dikutip dalam media sosialnya “Farah likes being spontaneous and just loves to have fun.”

Farah Quinn telah sukses mengenalkan budaya Indonesia lewat dunia kuliner yang ia sukai. Sebagai seorang chef, ia pun berhasil menunjukkan bahwa chef Indonesia tidak selalu kalah dengan chef luar negeri. Sosoknya pun dapat menjadi inspirasi bagi setiap anak muda yang ingin menjadi seorang chef. Simak kisah tokoh-tokoh inspiratif lainnya bersama Kinibisa!