span 1 span 2 span 2

Project Management

5 Tips Memilih Anggota Tim agar Pekerjaan Maksimal
Oleh: Manggala Nayahi
Dibaca Normal: 2 menit

Tips memilih anggota tim agar pekerjaan maksimalSumber: coburgbanks.co.uk

Sebuah tugas atau pekerjaan tim membutuhkan kerjasama yang baik antar anggota-anggotanya. Jika Anda sebagai seorang Project Manager, maka Anda diharuskan memilih sendiri anggota tim Anda bersama pihak Human Resources and Development maupun Personalia. Tentu Anda menginginkan orang-orang yang paling cakap dan paling memenuhi kualifikasi, bukan? Berikut adalah lima hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih anggota tim Anda:

1. Pilihlah seseorang yang paling memenuhi kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan
 

Pilihlah seseorang yang paling memenuhi kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan
Sumber: haftweb.com

Seseorang dipekerjakan apabila dinilai sebagai kandidat yang paling mumpuni bagi pekerjaan tertentu. Karenanya, sesuaikan pilihan kandidat dengan job description yang tersedia. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui latar belakang kandidat secara menyeluruh.

Lihat resume dan curriculum vitae miliknya, pendidikan, dan pengalaman yang pernah ia jalani. Dengan demikian, Anda dapat menentukan kandidat yang terbaik bagi pekerjaan tersebut.

2. Namun, jangan lupa memilih orang yang Anda nilai dapat bekerjasama dengan baik dengan anggota tim lainnya
 

Namun, jangan lupa memilih orang yang Anda nilai dapat bekerjasama dengan baik dengan anggota tim lainnya
Sumber: blog.teslontario.org

Meski demikian, poin pertama tersebut masih perlu dikombinasikan dengan penilaian Anda terhadap kemampuan si kandidat dalam bekerjasama dengan anggota tim lainnya, baik anggota baru maupun anggota yang telah lama ada.

Jika seseorang memiliki intelektualitas dan kapabilitas yang baik namun tak mampu bekerjasama, ada baiknya Anda menjatuhkan pilihan kepada kandidat lain yang bisa jadi tak sehebat kandidat pertama, namun memiliki kemampuan organisasi yang lebih baik.

3. Lakukan tes kepribadian kepada setiap calon anggota
 

Lakukan tes kepribadian kepada setiap calon anggota
Sumber: toopanda.com

Tes kepribadian kini telah menjadi aspek penting dalam pemilihan seorang kandidat, baik di perusahaan, lembaga, maupun organisasi. Tes ini diharapkan mampu menunjukkan kepribadian tiap kandidat secara umum, agar Anda mendapat gambaran akan karakteristik kandidat.

Ada beberapa tes yang bisa Anda berikan, seperti MBTI (Myers-Briggs Indicator Type), The Caliper Profile, Gallup StrengthsFinder, Sixteen Personality Factor Questionnaire, dan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (dilansir dari msn.com).

4. Pilih seseorang yang dapat melakukan komunikasi dengan baik; verbal maupun nonverbal
 

Pilih seseorang yang dapat melakukan komunikasi dengan baik; verbal maupun nonverbal
Sumber: media.beam.usnews.com

Kemampuan komunikasi menjadi elemen penentu yang penting dalam tiap proses pemilihan calon anggota baru. Anda sebaiknya memilih kandidat yang mampu berkomunikasi dengan cakap, baik kepada Anda, atasan lain, maupun rekan kerjanya yang lain.

Meski demikian, Anda perlu mencatat bahwa kemampuan komunikasi tak selalu berkaitan dengan kemampuan public speaking. Kemampuan komunikasi yang sifatnya nonverbal—tulisan, misalnya—juga perlu dianggap sebagai keunggulan.

5. Lakukan riset terhadap kandidat melalui media sosial
 

Lakukan riset terhadap kandidat melalui media sosialSumber: liverpool.ac.uk

Kini, media sosial mempermudah Anda untuk memahami calon anggota tim Anda. Mintalah alamat media sosialnya, atau cari sendiri sesuai kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui bagaimana calon tersebut membangun personal brand di dunia maya.

Anda juga dapat mengetahui sikap dan perilakunya secara tak langsung, terutama dalam bertutur dan memberi respon terhadap isu-isu yang sedang marak di sekitarnya.

Baca juga: Tips Pintar & Mudah Membagi Waktu


Demikian 5 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih anggota tim Anda. Meski membutuhkan proses yang cukup panjang, namun hasilnya akan sebanding; Anda memiliki tim dengan kemampuan dan kerjasama yang baik. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

http://www.millennialleadership.net/review-5-dysfunctions-team-part-2/
http://www.msn.com/en-nz/money/careersandeducation/5-personality-tests-hiring-managers-are-using-that-could-make-or-break-your-next-job-interview/ar-BBl1TRB#page=6
https://rorytrotter.com/2015/04/22/successful-hiring-and-the-role-of-employee-personality-tests/


0 Comments