span 1 span 2 span 2

Project Management

7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik
Oleh: Manggala Nayahi
Dibaca Normal: 3 menit

Cara agar Menjadi Pemimpin yang BaikSumber: 17026-presscdn-0-98.pagely.netdna-cdn.com

Menjadi pemimpin merupakan tanggung jawab besar. Meski demikian, tak semua pemimpin mampu menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik mengetahui cara menangani masalah dan menangani manusia. Pastilah setiap dari kita ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, bukan? Simak 7 caranya berikut ini:

1. Menjadi Role Model
 

Menjadi Role ModelSumber: blog.bayt.com

Tiap pemimpin perlu menjadi teladan bagi timnya. Teladan ini meliputi segala hal, seperti kedisiplinan akan waktu dan peraturan, tahan uji, kreativitas, perspektif, komitmen, dan seterusnya.

Bacalah berbagai buku-buku motivasi yang telah diterbitkan oleh banyak pemimpin kelas dunia. Baca pula biografi pemimpin-pemimpin terkenal dan cakap di bidangnya, sehingga Anda dapat memetik pelajaran berharga dari mereka.

2. Menjadi Pendengar yang Baik
 

Menjadi Pendengan yang BaikSumber: vokiblog.files.wordpress.com

Sebagai pemimpin, Anda bertanggungjawab pada tiap individu yang ada di tim Anda. Pada akhirnya, semua masalah akan berada di “pundak” Anda. Untuk itu, Anda perlu menjadi seorang pendengar yang baik. Kemampuan mendengarkan tidak terdapat pada setiap orang, namun kemampuan ini dapat diasah.

Baca juga: Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Lebih sedikit bicara kadang juga membawa banyak keuntungan. Anda dapat memahami apa yang dirasakan oleh anggota tim Anda, dan Anda mengetahui permasalahan yang sedang dialami tim Anda dari perspektif mereka.

3. Terbuka terhadap Kritik dan Saran yang Konstruktif
 

Terbuka terhadap Kritik dan Saran yang KonstruktifSumber: yourcareerintel.com

Sebagai seorang pemimpin yang baik, Anda wajib membiasakan diri mendengarkan kritik terhadap diri Anda dan proyek yang sedang Anda pimpin. Anggap kritik sebagai sesuatu yang senantiasa membangun; Anda tak perlu sakit hati atau tersinggung.

Yakinkan tim Anda bahwa ketika mereka merasa ada sesuatu yang salah, mereka dapat secara langsung menyatakannya kepada Anda. Dikritik lebih baik daripada dibicarakan di belakang, bukan?

4. Memiliki Kepercayaan Diri
 

Memiliki Kepercayaan Diri
Sumber: sagu.edu

Satu hal yang wajib ada pada setiap pemimpin adalah kepercayaan diri. Bagaimana Anda dapat memimpin tim, jika Anda saja belum memberikan kepercayaan penuh terhadap diri Anda? Meski demikian, jangan sampai sikap percaya diri ini menuntun Anda kepada kesombongan. Tunjukkan bahwa Anda pemimpin yang dapat dipercaya, dengan begitu tim Anda pun akan menghormati Anda.

5. Mampu Mendelegasikan Tugas
 

Mampu Mendelegasikan TugasSumber: roryvaden.com

Sebagai pemimpin, tugas Anda tentunya sangat banyak. Anda adalah seorang eksekutor, juga sekaligus sebagai konseptor. Pikiran dan tenaga Anda akan terkuras habis untuk pekerjaan Anda. Karenanya, mendelegasikan tugas menjadi sangat penting. Anda perlu membuat tim Anda merasa dipercaya dengan mempercayakan tugas kepada mereka.

6. Sediakan Kesempatan Komunikasi
 

Sediakan Kesempatan Komunikasi
Sumber: abrilexame.files.wordpress.com

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan tim Anda. Komunikasi tersebut tak hanya soal pekerjaan, namun Anda dapat mulai menanyakan hal-hal yang sifatnya remeh-temeh, bahkan pribadi.

Baca juga: Cara Menentukan Prioritas Masalah untuk Dipecahkan

Hal ini Anda lakukan untuk menegaskan kepada tim Anda bahwa Anda peduli kepada mereka dan kehidupan sehari-hari mereka. Tetapi, Anda harus tetap ingat untuk menjaga jarak, sebagaimana layaknya hubungan antara pemimpin dan tim.

7. Menyeimbangkan Kehidupan Kerja dan Kehidupan Pribadi
 

Menyeimbangkan Kehidupan Kerja dan Kehidupan PribadiSumber: i0.wp.com

Terkadang, kehidupan pribadi secara tak sadar Anda libatkan dalam kehidupan pekerjaan. Hal ini merupakan hal yang wajar, karena meskipun berperan sebagai pemimpin, Anda tetap merupakan manusia yang memiliki perasaan dan hubungan di luar jam kerja.

Meski demikian, aktivitas pribadi ini tak boleh menganggu performa Anda pada pekerjaan. Seimbangkan keduanya, dan Anda dapat menjadi pemimpin yang baik.


Demikian 7 cara yang dapat mulai Anda lakukan agar dapat menjadi seorang pemimpin yang baik. Proses tersebut tidak mudah, namun pada akhirnya menempa Anda menjadi pemimpin yang dihormati oleh anggota tim Anda. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

http://www.forbes.com/sites/augustturak/2012/07/17/the-11-leadership-secrets-you-never-heard-about/#3079ecaf5369
http://www.forbes.com/sites/tanyaprive/2012/12/19/top-10-qualities-that-make-a-great-leader/#53da050f3564
https://www.entrepreneur.com/article/251565


0 Comments