span 1 span 2 span 2

Musik & Kesenian

Tips Mengatasi Gugup di Panggung
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 2 menit

Tips agar Tidak Gugup saat di PanggungSumber: spiritriau.com

Pernah tiba – tiba gugup ketika berada didepan panggung? Semua orang pasti pernah merasakannya karena ini adalah sifat ilmiah yang ada pada manusia. Hal ini disebabkan kurangnya rasa percaya diri dan pengalaman yang mendalam ketika berada di atas panggung. Biasanya orang yang gugup di atas panggung adalah orang yang pada dasarnya memang kurang lancar dalam masalah berkomunikasi secara umum. Oleh sebab itu, perlu dilakukan tips agar tidak gugup sebelum ke atas panggung.

Berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan agar tidak gugup sebelum ke atas panggung secara praktis dan tentu semuanya membutuhkan waktu dan proses yang mendalam agar lebih baik :

1 . Persiapan yang Sangat Matang
 

Persiapan yang Sangat MatangSumber: heysigmund.com

Sangat mustahil sekali bagi orang – orang yang berada di atas panggung tetapi mereka tidak merasa grogi karena kurangnya persiapan. Persiapan yang matang adalah “tombak” awal untuk menampilkan hasil yang maksimal ketika berada di atas panggung, baik itu ketika Anda presentasi atau berada dalam kontes perseorangan yang menuntut Anda untuk berbicara kepada orang yang banyak.

2 . Minum Air Putih/Mineral
 

Minum Air PutihSumber: img.aws.livestrongcdn.com

Meminum air putih/mineral dapat membuat otak kita rehat sejenak dan sirkulasi darah yang mengangkut oksigen dapat berjalan dengan lancar, serta dapat menstabilkan pikiran Anda. Oleh sebab itu, jika Anda grogi atau gugup ketika ingin berada di atas panggung, cobalah untuk meminum air putih/mineral. Tidak perlu banyak – banyak dalam meminum air untuk menghilangkan rasa gugup Anda karena sedikit saja sudah bisa dapatkan manfaatnya jika dilakukan dengan relax.

baca juga: Jenis Tarian di Indonesia

3 . Jangan Melihat ke Mata Audience, Lihatlah Jidatnya
 

Jangan Melihat Ke Mata Audience, Lihatlah JidatnyaSumber: inspiralight.files.wordpress.com

Ketika sudah berada di atas panggung dan Anda masih grogi atau gugup, cobalah untuk tidak sesekali melihat mata penonton. Terkadang, kita takut untuk menatap mata orang lain karena kita akan selalu memiliki ekspektasi bahwa orang yang menatap kita sedang menilai kita, dan kita takut penilaian tersebut tidak memuaskan. Oleh sebab itu, Anda dapat alihkan mata Anda ke arah jidat penonton saja. Cara ini cukup ampuh untuk menhilangkan rasa grogi.

Baca juga: Belajar Piano untuk Pemula

4 . Pikirkan Sesuatu yang Menyenangkan
 

Pikirkan Sesuatu yang MenyenangkanSumber: teamphenomenalhope.org

Sesuatu yang menyenangkan dapat membuat pikiran Anda menjadi relax dan tenang. Contohnya kita membayangkan liburan yang menyenangkan di suatu tempat yang membuat mood kita menjadi naik. Efeknya adalah rasa gugup Anda akan secara otomatis hilang dengan sendirinya dengan melakukan cara ini.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Lagu sesuai Karaktermu

Cara di atas diharapkan bisa membantu Anda untuk menghilangkan rasa gugup saat di atas panggung. Namun, tak menutup kemungkinan juga terdapat cara-cara lain yang bisa Anda lakukan sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Hal ini sebenarnya tergantung dari pendekatan, teknik, ataupun cara masing-masing individu untuk menghilangkan rasa gugup diatas panggung. Jika sudah menemukan cara itu, pastinya penampilan kamu akan lebih maksimal, bukan?


Sumber Referensi

http://id.wikihow.com/Bicara-dengan-Orang-yang-Mengintimidasi-Anda
http://www.qolbunhadi.com/7-cara-ampuh-mengatasi-grogi-saat-tampil-di-depan-umum/


0 Comments