span 1 span 2 span 2

Musik & Kesenian

Belajar Bermain Piano Dasar untuk Pemula
Oleh: Prabarini Kartika
Dibaca Normal: 3 menit

Belajar Bermain Piano Dasar untuk PemulaSumber: thegodguy.files.wordpress.com

Untuk dapat bermain piano, kamu harus mengetahui pola tuts dalam piano. Piano hanya memiliki dua warna, hitam dan putih. Tuts warna putih adalah tangga nada mayor, sedangkan tuts warna hitam disebut sebagai kres (#) atau mol (b). Akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Nada dasar C terletak di bagian tengah piano atau yang dikenal sebagai C3. Satu oktaf di atas C3 disebut sebagai C4, satu oktaf di atasnya lagi C5, dan seterusnya. Kemudian, satu oktaf di bawah C3 adalah C2, satu oktaf di bawahnya C1, dan seterusnya.

Dalam tangga nada C mayor, nada C berada di sebelah kiri dua tuts hitam. Bergeser ke sebelahnya adalah nada D, E, F, G, A, B, lalu kembali lagi ke C. Tapi nada C mayor di piano dapat ditulis seperti berikut:

C: Do
D: Re
E: Mi
F: Fa
G: Sol
A: La
B: Si

Akan tetapi, tidak selamanya C = Do, tergantung tangga nada apa yang dimainkan. Apabila bermain dari tangga nada D, berarti D = Do dan F# = Mi. Coba pelajari tangga nada mayor dan minor jika ingin memahaminya ya.

Kemudian, dari C ke D, E, hingga kembali ke C lagi nilai nadanya itu satu atau penuh. Tapi ada juga nilai-nilai nada yang hanya setengah. Hal tersebut disebut sebagai kres (#) dan mol (b). Begini jadinya apabila nada-nada dasar tersebut terkena nada setengah:

C# = Db
D# = Eb
E# = F / Fb = E
F# = Gb
G# = Ab
A# = Bb
B# = C / Cb = B

Kemudian untuk penempatan jari dan cara memainkan tuts pianonya. Jadi, saat memainkan not kamu pasti akan bertemu angka-angka di samping not untuk menunjukkan dengan jari apa kamu harus menekan tuts tersebut.

Pada dasarnya inilah urutan jari untuk menekan tuts untuk memainkan tangga nada:

Tangan Kanan:
C: ditekan oleh ibu jari
D: ditekan oleh telunjuk
E: ditekan oleh jari tengah
F: ditekan oleh ibu jari
G: ditekan oleh telunjuk
A: ditekan oleh jari tengah
B: ditekan oleh jari manis
C: ditekan oleh kelingking

Tangan Kiri:
C: ditekan oleh ibu jari
B: ditekan oleh telunjuk
A: ditekan oleh jari tengah
G: ditekan oleh ibu jari
F: ditekan oleh telunjuk
E: ditekan oleh jari tengah
D: ditekan oleh telunjuk
C: ditekan oleh kelingking

Rumus ini berlaku untuk semua tangga nada, tidak hanya tangga nada C mayor saja.

Cobalah untuk melatih jari-jari kamu dengan memainkan susunan tangga nada ini pelan-pelan. Pertama-tama coba satu tangan dulu. Setelah tangan kanan, lalu coba tangan kiri. Mainkan satu oktaf ke atas lalu kembali ke oktaf awal. Kamu tidak mau kan kedua tangan kamu tidak sinkron saat bermain piano?

Baca juga: Tips agar Tidak Gugup saat di Panggung

Jika sudah lancar satu tangan, coba bermain dua tangan. Latih terus hingga lancar dalam memainkan satu tangga nada. Semakin lama jari-jari kamu akan semakin lentur apabila sudah sering bermain tangga nada. Jika sudah mahir dalam tangga nada akan semakin mudah dalam memainkan segala macam partitur dan lagu-lagu. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

http://www.anakmusik.com/2014/12/cara-belajar-piano.html
http://tronmymusic.blogspot.co.id/2015/02/cara-belajar-piano-atau-keyboard-untuk.html
http://id.wikihow.com/Bermain-Keyboard
http://dinarmagzz.blogspot.com/2013/05/tutorial-bermain-piano-super-mudah.html


0 Comments