span 1 span 2 span 2

Influencer

5 Cara Membuat Feed Instagram yang Rapi dan Menarik
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 3 menit

Cara Membuat Feed Instagram yang Rapi dan Menarik
Sumber: amazonaws.com

Feed Instagram adalah keseluruhan foto yang ada di akun Instagram kita. Dikarenakan dalam feed menampilkan semua foto yang pernah kita post di Instagram, sebaiknya feed harus rapi agar ‘enak’ di lihat. Feed Instagram kamu masih berantakan? Yuk, simak langsung saja cara membuat feed Instagram kamu jadi rapi dan menarik. 

1.   Tentukan Tema

Pertama-pertama, kamu bisa menentukan tema dari foto-foto yang akan kamu post. Tema tersebut bisa dipilih sesuai hobi kamu. Misalnya kamu suka travelling, maka kamu bisa mengunggah foto-foto travelling kamu. Bisa juga jika kamu tertarik kepada fashion & Beauty, kamu bisa mengunggah semua hal yang berhubungan dengan outfit atau make up.

 Tentukan Tema (traveling)
Sumber: campsbaygirl.com

Tentukan Tema (fashion)
Sumber: blogspot.com

Kalau kamu bingung untuk menentukan satu tema, kamu bisa mengunggah foto apa saja namun dengan tone warna yang senada yang akan dijelaskan di poin berikutnya. 

2. Gunakan Filter Serupa

Untuk mendapatkan feed Instagram yang bagus, sebaiknya kamu menggunakan tone warna yang senada. Kamu bisa memilih tone warna yang terang, gelap atau satu dominasi warna (misalnya: dominasi warna biru, merah atau kuning). Hal tersebut tergantung dengan selera warna yang kamu sukai.

Dengan tone warna yang senada, dalam mengedit foto, kamu juga harus menggunakan filter atau tata cara editing yang sama. Artinya dalam setiap foto, kamu harus mengatur tingkat cahaya, kontras dan eksposure yang hampir sama. Jika kamu mengunakan aplikasi editing seperti VSCO, kamu bisa langsung menggunakan salah satu filter yang sudah tersedia dari aplikasi tersebut, misalnya kamu memilih filter C1.

gunakan filter serupa
Sumber: wordpress.com

3. Gunakan Ukuran Foto yang Sama

Selain tone warna yang senada, konsistensi ukuran foto juga penting untuk diperhatikan. Kamu bisa memilih foto dengan ukuran persegi (ukuran normal Instagram) atau membuatnya persegi panjang. Tentunya, kamu tidak mau kan kalau foto kamu di zoom in orang lain lalu gambarnya “pecah” atau blur? Kamu bisa menggunakan aplikasi Squaready untuk membantu kamu dalam menyamakan ukuran foto sebelum di unggah ke Instagram kamu.

gunakan ukuran foto yang sama
Sumber: kinstacdn.com

4. Perhatikan Kualitas Gambar

Feed Instagram yang bagus berarti pemiliknya memperhatikan kualitas dari foto-foto tersebut. Ukuran minimal foto yang di unggah ke Instagram adalah 640px X 640px.

perhatikan kualitas gambar
Sumber: dustn.tv

5. Hindari Collages Foto

Satu cara lagi untuk memperindah feed Instagram kamu adalah hindari menggabung-gabungkan foto (collages) menjadi satu foto. Hal tersebut bisa merusak feed Instagram kamu karena akan terlihat penuh di satu bagian dan akan terlihat beda sendiri dengan foto-foto yang lain.

hindari collages foto
Sumber: rewardstyle.com


Mengatur feed Instagram kamu sebenarnya bukan hanya untuk memperindah atau agar ‘enak’ dilihat saja. Tapi memiliki feed Instagram yang rapih dan indah juga bisa menarik banyak like dan followers di Instagram kamu. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Timm, M. (2016). Instagram Themes: Your Ultimate Guide! Diakses pada tanggal 5 Februari 2017 dari http://morgantimm.com
Lauren, T. (n.d.). 5 Amazing Instagram Feed Ideas with Bonus Tips. Diakses pada tanggal 5 Februari 2017 dari https://later.com
Anggara, S. B. (2017). 7 Trik Sederhana Bikin Feed Instagram yang Keren dan Rapi. Dijamin Follower Berdatangan Tanpa Henti! Diakses pada tanggal 5 Februari 2017 dari Hipwee: http://www.hipwee.com


0 Comments