span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Nutrisi dan Teknologi Pakan
Fakultas Peternakan
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Deskripsi

Program studi Nutrisi dan Teknologi Pakan Institut Pertanian Bogor mengarahkan lulusan menjadi ahli dalam bidang ilmu nutrisi dan makanan ternak yang mampu mengidentifikasi bahan-bahan pakan berkualitas tinggi dan memproduksinya dengan baik. Lulusan  juga akan diarahkan untuk menjadi ahli dalam menghitung kebutuhan nutrisi serta memformulasikan ransum yang tepat dengan kebutuhan ternak. Ilmu penting yang dipelajari di program studi ini adalah: Ilmu Nutrisi Ternak, Biokimia Nutrisi, Produksi Hijauan Pakan, Nutrisi dan Ternak Ruminansia, Nutrisi dan Pakan Unggas, Biokimia Ternak, Enzimologi, Teknologi Fermentasi, Fisiologi Tanaman Pakan, Ilmu Kesuburan Tanah, Nutrisi dan Pakan Non Ruminansia, Fabrikasi Pakan.

Gelar Lulusan

S.Pt. Sarjana Peternakan

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN
- Afirmasi dikti
- Mandiri




Biaya Kuliah

Rp500.000,- s/d Rp11.000.000 per semester, tergantung apakah mengikuti sistem pembayaran normal ataukah mengikuti program Bidik Misi sehingga biaya dikenakan akan mempertimbangkan kemampuan (penghasilan) wali dari mahasiswa terkait.



Pilihan peminatan

-




Keketatan

Daya Tampung 50 (SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 772
Keketatan 6,48%



Prospek profesi

Lulusan program studi ini bekerja di bidang Akademisi (Dosen, Peneliti, Ilmuwan, Nutritionist/Formulator); Bisnis (Produsen Pakan (Industri), Produsen Hijauan Pakan, Konsultan Pakan, Supplier Pakan, Peternak, Supervisor, Manager Lapang, Technical Service, Perbankan); Pemerintahan (Departemen Pertanian, Pemerintah Daerah, Penyukuh Pertanian, Quality Control, Quality Assurance); Kelompok (Kelompok Ternak, Koperasi Pakan, Konservasi Hijauan, Lembaga Sosial Masyarakat).



Mata Kuliah