span 1 span 2 span 2

Universitas Negeri

Teknologi Hasil Perairan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Deskripsi

Program studi ini mengembangkan ilmu dan teknologi sumberdaya hayati perairan untuk menghasilkan produk primer. Pengembangan ilmu dan teknologi di program studi Teknologi Hasil Perairan Institut Pertanaian Bogor berfokus pada pengolahan biodiversitas perairan di mana Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia dalam hal kekayaan sumberdaya hayati perairan. Ilmu dan Teknologi yang menjadi ruang lingkup program studi ini meliputi penanganan, karakterisasi, preparasi bahan baku hasil perairan, bioteknologi hasil perairan dan teknologi pengolahan hasil perairan.

Gelar Lulusan

S.Pi. Sarjana Perikanan

Akreditasi BAN-PT

A

Jalur Masuk

- SNMPTN
- SBMPTN
- Afirmasi dikti
- Mandiri




Biaya Kuliah

Rp500.000,- s/d Rp11.000.000,- per semester, tergantung apakah mengikuti sistem pembayaran normal ataukah mengikuti program Bidik Misi sehingga biaya dikenakan akan mempertimbangkan kemampuan (penghasilan) wali dari mahasiswa terkait.



Pilihan peminatan

- Bahan Baku Hasil Perairan
- Bioteknologi Hasil Perairan
- Teknologi Pengolahan Hasil Perairan




Keketatan

Daya Tampung 39 (SBMPTN)
Estimasi Jumlah Peminat 638
Keketatan 6,11%



Prospek profesi

Lulusan program studi ini dapat bekerja di Industri Pengolahan Hasil Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Lembaga Penelitian (LIPI), Lembaga Perbankan, Perguruan Tinggi, Media Massa, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan lain-lain.



Mata Kuliah