span 1 span 2 span 2

Universitas Kedinasan

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)
Dalam Proses Akreditasi
Kontak

Telepon: (0251) 8541742/8541754
Fax: (0251) 8541720

Alamat Kampus Utama

Jl. Raya H. Usa Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat

QS University Ranking

N/A di Dunia

Webometric

428 di Indonesia

912 di Asia Tenggara

INFORMASI UMUM

STSN membuka pendidikan untuk angkatan I di tahun 2002. Pada tahun ini pendidikan akademik diselenggarakan berdasarkan kurikulum 2002. Kurikulum 2002 mengatur STSN untuk menyelenggarakan dua bidang studi, yaitu Manajemen Persandian dan Teknik Persandian. Teknik Persandian sendiri dibagi lagi menjadi 2 bidang minat yaitu Teknik Rancang Bangun dan teknik Kripto. Kurikulum 2002 merupakan penyempurnaan kurikulum Akademi Menuju Sekolah Tinggi yang diajukan sebagai naskah akademik pengajuan peningkatan status AKSARA menjadi STSN. Perjalanan panjang STSN hingga tahun 2009 melalui tiga kali perubahan kurikulum, menyesuaikan kebutuhan pengguna dan kemajuan dunia pendidikan. Kurikulum 2002 mengalami revisi di tahun 2004, 2005 dan saat ini kurikulum yang digunakan adalah 2007.

Pendidikan tinggi di STSN diselenggarakan dengan berpedoman pada asas: (1) Keseimbangan secara proporsional antara pengembangan kemampuan akademik dan intelektual dengan pembentukan kepribadian/sikap perilaku. (2) Menekankan pengajaran dengan metode praktek sebagai penerapan dan penguasaan materi.
Tujuan STSN antara lain: menyiapkan kader pemimpin persandian negara yang cakap, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta memiliki tanggung jawab untuk ikut serta menjaga terwujudnya eksistensi dan kedaulatan NKRI; menyiapkan peserta didik yang terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK serta masalah yang dihadapi masyarakat serta menyiapkan peserta didik yang mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEK khususnya di bidang persandian.

Fakultas

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Tahapan SPMB Sekolah Tinggi Sandi Negara