span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Web Designer (Desainer Web)

Deskripsi

Desainer website memiliki tanggung jawab untuk merancang dan membuat halaman website. Seorang desainer website menggunakan keterampilan non-teknis dan teknis untuk dapat menghasilkan website yang sesuai dengan kebutuhan dari kliennya. Mereka harus bisa memproduksi bukan hanya tampilan halaman websitenya, tetapi menentukan cara kerjanya juga. Desainer website haruslah memiliki pemahaman bagaimana agar situs yang dibuatnya memiliki UI/UX yang memuaskan.

Berbagai profesi terkait

  • Web Specialist
  • Web Designer
  • Content Web Designer

Kisaran Pendapatan

Gaji Web Designer rata-rata sebesar Rp3.300.000 atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ilmu Komputer, Informatika, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seperti profesi-profesi lain yang memiliki embel-embel ‘desainer’, profesi desainer website tentu wajib memiliki kemampuan desain yang amat baik. Sebab, ia bertugas dalam merancang dan membuat tampilan sebuah website. Untuk itu, kreativitas amat diperlukan oleh profesi ini agar website ia rancang memiliki tampilan yang menarik. Ia juga membutuhkan kemampuan visualisasi yang amat baik supaya ia mampu menerjemahkan keinginan pemilik website akan tampilan website milikinya.

Namun, seorang desainer web tidak boleh hanya memperhatikan penampilan website itu saja, melainkan juga memastikan agar website dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, profesi ini wajib memiliki latar belakang pengetahuan di bidang komputer dengan baik. Beberapa kemampuan yang penting untuk dimiliki adalah coding, programming, desain grafis, content management system, dan search engine optimization (SEO).

Di luar hal-hal teknis di atas, seorang desainer web juga harus memiliki kemampuan koordinasi yang baik. Sebab, profesi ini biasanya bekerja dalam sebuah tim. Selain itu, ia juga wajib berkoordinasi dengan klien agar tampilan website dapat sesuai dengan ekspektasinya. Dalam berhubungan dengan klien, seorang desainer web pun harus memiliki kemampuan persuasi dan negosiasi yang baik. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah penyelesaian masalah kompleks serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Agency
  • Pemerintahan