span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Videografer

Deskripsi

Videographer bekerja sebagai bagian dari tim produksi yang menciptakan produk video. Seorang videographer memiliki tugas untuk mengkonsepkan, melakukan pengambilan video, dan menyunting video untuk keperluan promosi dan sosial media. Konsep video yang dibuat harus sesuai dengan permintaan dari kliennya. Hal tersebut dapat dicapai apabila seorang videografer juga menguasai perangkat lunak komputer untuk pengeditan video serta memiliki kreatifitas yang tinggi.

Berbagai profesi terkait

  • Vidographer
  • Editor
  • Sound Director
  • Cameramen

Kisaran Pendapatan

Gaji Videografer berkisar mulai dari Rp3.300.000 hingga Rp8.200.000 per bulan atau lebih sesuai dengan dimana tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi Broadcasting, Seni, Film, dan Jurusan Lain yang Sesuai.



Keahlian dibutuhkan

Seorang videografer tentu wajib memiliki kemampuan visualisasi yang baik karena ia bertugas untuk menerjamahkan sebuah naskah film dan video atau imajinasinya sendiri ke dalam bentuk tayangan visual. Kemampuan visualisasi ini termasuk pada kemampuan videografer dalam mengambil gambar dengan angle yang menarik, momen yang tepat, serta adegan-adegan yang unik. Oleh sebab itu, seorang videografer mesti memiliki ketangkasan supaya video yang diambil dapat menangkap momen yang tepat.

Namun, video yang baik tidak hanya mampu menampilkan gambar yang indah tetapi juga jelas menangkap suara yang ada. Oleh karena itu, seorang videografer juga perlu memiliki sensitivitas pendengaran. Selain itu, seorang videografer pun mesti memiliki kreativitas tinggi agar video yang dihasilkan memiliki keunikan dan dapat menarik perhatian masyarakat. Profesi ini juga mebutuhkan kemampuan koordinasi karena proses pengambilan video biasanya melibatkan banyak orang.

Selain menguasai penggunaan kamera, seorang videografer juga perlu menguasai penggunaan komputer. Sebab, kadang-kadang ia bertugas pula dalam melakukan penyuntingan tahap awal. Oleh sebab itu, ia juga mesti memiliki perhatian yang selektif terhadap video yang telah diambil. Manajemen waktu juga perlu dimiliki seorang videografer karena pekerjaannya dibatasi oleh tenggat waktu yang cukup singkat. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah monitoring, desain, serta pertimbangan dan pengambilan keputusan.



Instansi pekerjaan

  • Production house
  • Perguruan tinggi