span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Toxicologist (Ahli Racun)

Deskripsi

Seorang toksikologi biasanya memiliki tanggung jawab untuk melihat dampak dari bahan beracun dan radiasi terhadap lingkungan serta kesehatan manusia dan hewan. Mereka memiliki tugas untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian laboratorium dan lapangan yang membantu untuk mengidentifikasi dampak bahan beracun atau radiasi.

Berbagai profesi terkait

  • Toksikologis Klinik
  • Toksikologis Forensik
  • Ekotoksikologis
  • Toksikologis Industrial
  • Toksikologis Farmasi

Kisaran Pendapatan

Pendapatan untuk profesi ini tidak dapat dipastikan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Sains Kimia, Farmasi, Teknik Kimia, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang toxicologist bertanggung jawab untuk melihat dampak dari bahan beracun dan radiasi bagi lingkungan dan kesehatan makhluk hidup. Untuk itu, ia mesti mempunyai pengetahuan yang baik di bidang ilmu kimia agar dapat mengetahui komposisi kimia, struktur, serta sifat zat dan proses kimiawi dalam racun atau radiasi tersebut. Selain kimia, profesi ini pun mesti mempunyai pengetahuan di bidang ilmu biologi agar dapat memahami bagaimana pengaruh racun tersebut kepada makhluk hidup.

Seorang toxicologist dituntut untuk kritis serta mempunyai kemampuan analisis yang baik. Hal ini diperlukan supaya ia dapat mengidentifikasi dampak bahan beracun dan radiasi secara tepat. Dalam melakukan penelitian, seorang toxicologist mesti menggunakan aturan dan metode ilmiah agar dapat melakukan analisis yang baik. Untuk itu, profesi ini juga harus memiliki kemampuan penalaran deduktif dan induktif.

Selain itu, seorang toxicologist juga perlu mempunyai keahlian di bidang matematika karena analisis racun dan radiasi membutuhkan perhitungan yang matang. Profesi ini pun mesti memiliki ketelitian tinggi dan mempunyai perhatian terhadap hal-hal detail agar mendapat hasil analisis yang sesuai dengan temuannya. Seorang toxicologist juga harus membekali diri dengan kemampuan berbicara dan menulis dengan baik agar dapat menjelaskan hasil penelitiannya semenarik mungkin dan mudah dimengerti.



Instansi pekerjaan

  • Rumah sakit
  • Klinik
  • Kepolisian