span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Teaching Assistant

Deskripsi

Asisten dosen bekerja untuk mendampingi mahasiswa baik secara individu maupun kelompok dalam kegiatan akademik. Sebagai asisten dosen, mereka melakukan kegiatan seperti mengadakan kelas tambahan untuk mahasiswa dan membantu dosen untuk menyiapkan materi perkuliahan.

Berbagai profesi terkait

  • Asisten Dosen
  • Asisten Profesor

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang asisten dosen berkisar antara Rp1.200.000 hingga Rp3.200.000 tergantung pengalaman dan institusi tempat bekerja.


Kualifikasi

Mahasiswa Tingkat Akhir atau Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Meski berstatus sebagai asisten dari seorang dosen, profesi asisten dosen ternyata tetap membutuhkan berbagai kemampuan yang wajib dimiliki. Sebab, seorang asisten dosen tetap bertugas dalam menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar dalam kelas. Selayaknya dosen, profesi ini pun dituntut untuk menguasai bidang studi yang ia ajar. Kemampuan lain yang dimiliki seorang dosen juga wajib dimiliki seorang asisten dosen karena sewaktu-waktu ia dapat bertugas menggantikan dosen untuk mengajar.

Apabila ditugaskan untuk menggantikan dosen mengajar, seorang asisten dosen tentu harus mengusai strategi pembelajaran yang tepat agar materi pembelajaran yang diajarkan dapat mudah dimengerti oleh mahasiswa. Materi kuliah yang harus disampaikan secara efektif mewajibkan profesi ini mampu menyusun informasi dengan baik. Selain itu, kreativitas juga dibutuhkan oleh seorang asisten dosen supaya ia dapat menemukan cara-cara baru unik dan menarik dalam penyampaian materi kuliah.

Selain itu, kemampuan manajemen kelas pun perlu dikuasai seorang asisten dosen untuk memastikan kegiatan belajar di dalam kelas berjalan secara kondusif. Ia juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan yang baik. Tak hanya untuk memastikan materi kuliah tersampaikan secara baik, kemampuan ini juga diperlukan agar ia dapat memiliki hubungan baik dengan mahasiswa dan dosen. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang asisten dosen adalah kritis, sensitivitas masalah, monitoring, serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Perguruan tinggi
  • Sekolah