span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Sutradara

Deskripsi

Sutradara film memiliki kontrol penuh atas kreasi sebuah film. Sutradara bertanggung jawab pada tiga fase pembuatan film baik itu pra-produksi, produksi, dan paska-produksi. Pada fase-fase ini, ia bertanggung jawab terkait aspek artistik dan dramatik, guna memvisualisasikan naskah cerita. Mereka mengarahkan para artis untuk berdandan sedemikian rupa, untuk berakting dengan cara tertentu guna memvisualkan ide-ide kreatif dalam akting mereka. Mereka juga melakukan fungsi supervisi proses pembuatan film dari casting, mengatur desain untuk pencahaayan, sampai proses pengeditan. Tanpa sutradara film yang terampil, sebuah film yang ditulis dan diperankan oleh aktor yang sangat baik bisa mengalami kegagalan.

Berbagai profesi terkait

  • Stage Director
  • Film Director
  • Movie Director
  • Show Director
  • Sutradara Pertunjukan
  • Pengarah Panggung

Kisaran Pendapatan

Gaji Sutradara berkisar mulai dari Rp5.900.000 hingga Rp10.200.000 bahkan jauh di atas itu  atau lebih sesuai dengan dimana tempat bekerja, kapabilitas, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi Broadcasting, Seni, Film, dan Jurusan Lain yang Sesuai.



Keahlian dibutuhkan

Kemampuan visualisasi tentu saja merupakan kemampuan utama yang amat wajib dimiliki seorang sutradara. Bagaimana tidak, seorang sutradara merupakan sosok yang bertugas menuangkan naskah film ke dalam bentuk visual. Oleh karena itu, visualisasi menjadi modal penting bagi seorang sutradara. Selain visualisasi, seorang sutradara juga dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi agar film yang ia ciptakan memiliki keunikan tersendiri serta menarik perhatian masyarakat.

Seorang sutradara sebaiknya memiliki selera seni dan pengetahuan di bidang seni film yang baik agar ia tahu standar film yang baik itu seperti apa. Selain memvisualkan naskah film, profesi ini juga dituntut untuk mampu mengarahkan para aktris dan aktor serta kru lainnya dalam sebuah proses pengambilan gambar. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi dibutuhkan oleh sturadara agar instruksi yang ia sampaikan dapat dimengerti oleh para pemain dan kru film. Koordinasi memang penting dimiliki dalam produksi sebuah film.

Profesi ini pun dituntut kritis untuk memastikan agar film dibuat sesuai dengan rencana dan naskah yang telah ditulis. Selain itu, seorang sutradara perlu memiliki kemampuan orisinalitas. Hal ini diperlukan agar ia tidak dituduh meniru karya orang lain. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah orientasi visual dan spasial, sensitivitas masalah, dan penyelesaian masalah.



Instansi pekerjaan

  • Production house
  • Perguruan tinggi