span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Pelukis

Deskripsi

Pelukis memiliki tugas untuk menciptakan karya seni lukisan yang orisinil dengan menggunakan berbagai media dan teknik. Dalam membuat karya seni lukisan, seorang pelukis harus memiliki gaya atau ciri khas tertentu. Selain itu, seorang pelukis harus bisa menjadikan lukisannya sebagai media untuk mengirimkan nilai-nilai yang ingin diberikan kepada penikmatnya.

Berbagai profesi terkait

  • Pelukis
  • Seniman
  • Seniman Murni
  • Pelaku Seni

Kualifikasi

Menguasai Bidang Seni Lukis.



Keahlian dibutuhkan

Seorang pelukis tentu wajib memiliki kemampuan visualisasi yang amat baik. Sebab, ia harus menerjemahkan imajinasi yang ada di dalam kepalanya ke dalam sebuah gambar atau lukisan. Profesi ini juga dituntut mempunyai kreativitas tinggi agar dapat memperoleh ide-ide baru yang unik dan menarik untuk dilukis. Ia juga perlu memiliki kemampuan desain agar lukisan yang mau ia buat terancang dengan baik.

Tak ketinggalan, seorang pelukis pun dituntut untuk memiliki karya yang tidak bersfat plagiarism atau meniru karya orang lain. Oleh karena itu, seorang pelukis juga wajib memiliki rasa orisinalitas yang tinggi.Dalam melukis, seorang pelukis membutuhkan tangan yang stabil serta jari yang tangkas. Kedua kemampuan itu penting untuk dimiliki agar lukisan yang dibuat dapat terlihat indah dan sesuai dengan imajinasi pelukis. Selain itu, seorang pelukis juga harus memiliki atensi terhadap hal-hal yang detail.

Di luar hal-hal teknis di atas, seorang pelukis juga perlu menguasai strategi penjualan dan pemasaran agar lukisannya dapat diterima di pasaran. Ia pun wajib memiliki selera seni yang baik supaya lukisannya disukai masyarakat. Untuk itu, ia juga mesti update dengan tren-tren yang berkembang di tengah masyarakat.



Instansi pekerjaan

  • Sanggar lukis
  • Sekolah