span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Make-Up Artist (Juru Rias)

Deskripsi

Make-up artist memiliki pekerjaan merias kliennya dengan make-up. Seorang make-up artist yang handal biasanya memiliki kreativitas merias yang tinggi, dan amat memperhatikan setiap detil dari riasannya. Terkait kreativitas juga akan terbantu dengan mengikuti dan mengetahui perkembangan tren fashion dan kecantikan di dunia khususnya terkait makeup.

Berbagai profesi terkait

  • Special Effects Artist
  • Face Artist
  • MUA

Kualifikasi

Tidak Memerlukan Kualifikasi Khusus.



Keahlian dibutuhkan

Seorang make-up artist atau penata rias wajib memiliki kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi. Sebab, ia bertugas untuk merias seseorang agar serupa dengan tokoh atau karakter yang diperankan. Oleh sebab itu, kreativitas dan imajinasi dibutuhkan agar seorang penata rias dapat menuangkan ide tersebut ke dalam wajah model dan aktor atau aktris yang dirias. Untuk itu, seorang penata rias juga harus memiliki kemampuan visualisasi.

Tak hanya itu, seorang penata rias juga mesti memiliki selera seni yang baik agar riasan yang dibuat dapat terlihat indah dan sesuai ekspektasi. Kemampuan dalam memperhatikan gradasi warna pun diperlukan oleh profesi ini. Selain itu, seorang penata rias juga dituntut memiliki ketelitian dan presisi yang tinggi. Sebab, kesalahan sekecil apa pun dalam merias dapat memberikan efek negatif pada penampilan model yang dirias.

Dalam bekerja, seorang penata rias pun perlu memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab, pekerjaanya biasanya dibatasi oleh tenggat waktu yang cukup mepet. Misalnya, dalam merias pemain sinetron stripping. Kemampuan lain yang perlu dimiliki oleh profesi ini adalah pemilihan peralatan serta pertimbangan dan pengambilan keputusan.



Instansi pekerjaan

  • Modeling agency
  • Majalah