span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Ilustrator

Deskripsi

Seorang ilustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan produk, kartu ucapan, komik, ataupun surat kabar. Mereka harus mempunyai banyak ide dalam desain dan memahami persepi dari klien untuk dapat menyampaikan sebuah pesan atau ide melalui gambar.

Berbagai profesi terkait

  • Komikus
  • Illustrator

Kualifikasi

Menguasai Bidang Ilustrator.



Keahlian dibutuhkan

Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang ilustrator adalah kreativitas untuk menerjemahkan sebuah pesan, ide, atau cerita ke dalam bentuk ilustrasi yang menarik. Tak hanya itu, ia juga harus memiliki kemampuan visualisasi yang amat baik agar mampu menuangkan permintaan klien atau imajinasinya ke dalam bentuk ilustrasi yang baru. Untuk memiliki kemampuan visualisasi yang baik, seorang illustrator sebaiknya telah terbiasa dalam menggambar.

Penguasaan komputer beserta aplikasi-aplikasinya juga menjadi modal penting bagi seorang illustrator karena saat ini pekerjaannya banyak mengandalkan aplikasi dan komputer. Selain itu, profesi ini juga dituntut memiliki manajemen waktu yang baik karena ia pekerjaanya biasa dibatasi oleh tenggat waktu. Tak hanya itu, ia pun wajib memperhatikan hal-hal yang detail karena kesalahan sekecil apa pun dapat mempengaruhi kualitas ilustrasi yang ia buat.

Seorang ilustrator juga dituntut untuk memiliki pengetahuan di bidang seni yang cukup baik. Hal ini diperlukan agar karya yang dibuat dapat dinilai menarik oleh masyarakat. Pengetahuan di bidang seni ini juga akan bermanfaat agar karya yang dibuat seorang illustrator tidak tersandung masalah plagiarisme karena ia mengetahui ilustrasi seperti apa yang telah dihasilkan illustrator lain.



Instansi pekerjaan

  • Advertising agency
  • Media massa