span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Graphic Designer (Desain Grafis)

Deskripsi

Seorang desainer grafis bekerja untuk membuat berbagai produk, seperti website, iklan, gama komputer, kemasan produk, ataupun sampul buku dan majalah. Mereka harus bekerja sampai hasil produk yang dihasilkan disepakati oleh keinginan klien, direktur kreatif, ataupun pengelola website. Dengan demikian, profesi sebagai seorang desainer grafis menuntut untuk dapat berpikir kreatif agar bisa memahami dan menerapkan keinginan klien.

Berbagai profesi terkait

  • Graphic Artist
  • Desktop Publisher
  • Designer
  • Manager Kreatif
  • Direktur Desain

Kisaran Pendapatan

Gaji Desain Grafis berkisar Rp 800.000 hingga Rp 6.800.000, namun gaji rata - rata Desain Grafis adalah Rp 3.000.000 tergantung pada UMK / UMP di masing – masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Desain, Arsitektur, dan Jurusan Lain yang Sesuai; Sertifikasi Asosiasi Desainer Grafis Indonesi (ADGI).



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang desainer grafis tentu harus memiliki kemampuan desain yang amat baik. Namun, ia tidak cukup hanya menguasai kemampuan tersebut. Seorang desainer grafis juga dituntut untuk memiliiki kemampuan visualisasi yang sama baiknya. Sebab, ia harus mempu menerjemahkan imajinasi di dalamnya ke dalam gambar yang ia buat. Kreativitas pun perlu dimiliki profesi ini agar ia dapat memiliki ide-ide baru yang unik dan menarik.

Selain itu, seorang desain grafis juga harus memiliki selera seni yang cukup tinggi agar karya yang ia buat dapat disukai masyarakat. Ia juga mesti memperhatikan orisinalitas agar karyanya tak dianggap sebagai produk plagiarisme. Dalam membuat karya, seorang desainer grafis juga harus memperhatikan media apa yang akan memuat karya tersebut. Sebab, desain yang dibuat mesti dikuasai pada karakteristik masing-masing media.

Penguasaan komputer dan aplikasi-aplikasinya amat diperlukan seorang desainer grafis. Sebab, saat ini profesi desainer grafis amat bergantung pada komputer untuk melakukan pekerjaannya. Selain itu, ia pun mesti memiliki kemampuan koordinasi yang baik karena ada beberapa desainer grafis yang mengerjakan proyek milik klien. Kemampuan lain yang pelru dimiliki profesi ini adalah Bahasa Inggris, kritis, analisis operasi, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Advertising agency
  • Media massa