span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Fotografer

Deskripsi

Fotografer memiliki tugas untuk mengambil foto guna mengabadikan berbagai momen dalam suatu gambar. Contoh konten foto yang diambil oleh fotografer seperti pernikahan, fashion, makanan, arsitektur, dan bentang alam. Untuk menjadi seorang fotografer yang handal, selain perlu memahami penggunaan kamera dan berbagai peralatan fotografi, juga ditentukan oleh pengalaman dan kemampuan mengkomunikasikan pesan melalui visual gambar yang dihasilkan.

Berbagai profesi terkait

  • Fotografer Iklan
  • Editor Foto
  • Jurnalis Foto
  • Fotografer Olahraga
  • Fotografer Fashion
  • Fotografer Udara
  • Fotografer Ilmiah

Kisaran Pendapatan

Gaji Fotografer belum dapat dipastikan namun secara umum  berkisar mulai dari Rp3.200.000 hingga Rp7.200.000 per bulan atau lebih sesuai dengan dimana tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Menguasai Bidang Fotografi.



Keahlian dibutuhkan

Keahlian utama yang paling penting untuk dimiliki seorang fotografer tentu saja keahlian dalam mengoperasikan kamera itu sendiri. Namun, untuk menjadi fotografer yang sukses dibutuhkan kemampuan lain di luar sekadar mengoperasikan kamera. Salah satunya adalah kreativitias. Seorang fotografer dituntut untuk memiliki kreativitas agar foto yang dihasilkan memiliki keunikan dibanding foto-foto lain yang ada di dunia. Kreativitas ini dapat terlihat dari angle foto yang menarik, momen yang tepat, serta adegan yang unik dari sebuah foto.

Demi mendapat angle foto yang menarik, seorang fotografer wajib memilii kemampuan visualisasi. Sebab, harus membayangkan bagaimana sebuah objek bila terlihat dari berbagai sudut. Sementara, ketangkasan serta reflek yang baik dibutuhkan profesi ini untuk menangkan momen yang tepat serta adegan yang tidak biasa ke dalam sebuah foto. Selain itu, ia juga harus peka terhadap sekitar untuk meengetahui peristiwa-peristiwa yang menarik untuk diabadikan ke dalam foto.

Aplikasi editing foto juga perlu dikuasai oleh seorang fotografer agar foto yang diambil lebih menarik untuk dilihat. Selain itu, seorang fotografer juga perlu memiliki kemampuan koordinasi yang baik dengan pihak-pihak yang terlibat dalam sesi foto, seperti model, pengarah gaya, dan kru foto. Seorang fotografer juga dituntut untuk mampu merawat peralatan fotografi yang harganya tidak murah. Kemampuan lain yang diperlukan profesi ini adalah desain, komunikasi dan media, pemilihan peralatan, serta orisinalitas.



Instansi pekerjaan

  • Media massa
  • Perusahaan
  • Event organizer