span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Financial Trader

Deskripsi

Traders mempunyai tanggung jawab dalam pekerjaannya untuk membuat harga dan mengeksekusi perdagangan ekuitas, obligasi, komoditas, dan valuta asing sesuai dengan kepentingan bank investasi. Traders umumnya terbagi dalam beberapa kategori, yaitu flow traders (menjual produk-produk keuangan atas nama klien dari suatu bank), propriety traders (menjual produk-produk keuangan atas nama bank itu sendiri), dan sales traders (mengambil instruksi dari klien dan bertindak sebagai perantara antara klien dengan orang-orang yang menjalankan perdagangan produk keuangan). Seorang traders harus mempunyai kemampuan analitis yang cepat dan meneliti informasi-informasi pasar produk keuangan dengan cepat. Seorang traders sangat dicari di berbagai lembaga keuangan, seperti bank investasi. Jadi, kesempatan menjadi seorang traders sangat terbuka.

Berbagai profesi terkait

  • Proprietary Trader
  • Flow Trader
  • Sales Trader

Kisaran Pendapatan

Gaji Traders untuk posisi staf berkisar mulai dari Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000 tergantung dengan lokasi dan perusahaan tempat bekerja. Pada level Supervisor atau Coordinator gaji beranjak naik Rp5.500.000 hingga lebih dari Rp8.000.000/bulan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Administrasi, atau jurusan lain yang relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang Traders harus memiliki kemampuan analisis yang cepat dan tepat serta dapat meneliti informasi-informasi dari pasar produk keuangan itu pula. Oleh karena itu, ia harus punya pola pikir kritis dalam mengamati pasar produk keuangan agar dapat memperoleh peluang untuk meraup keuntungan yang besar. Pengetahuan umum di bidang keuangan seperti perpajakan, investasi, dan asuransi perlu pula untuk dikuasai seorang Traders.

Dalam menganalisis pasar produk keuangan, seorang Traders dapat memanfaatkan ilmu statistika dan probabilitas. Maka, ia wajib menguasai keahlian matematika untuk memudahkan pekerjaannya. Profesi ini juga dituntut untuk memahami strategi penjualan dan pemasaran agar dapat menentukan langkah jual-beli produk keuangan secara tepat. Oleh sebab itu, kemampuan penalaran deduktif dan induktif serta keterampilan saat mengambil keputusan patut dikuasai pula oleh seorang Traders.

Kemampuan-kemampuan di atas hampir tidak ada artinya apabila seorang Traders tidak memiliki sifat disiplin. Sebab, untuk menjadi Traders yang sukses ia harus mengikuti setiap proses perdagagangan mulai dari analisis, jual-beli, hingga mengevaluasinya. Ia juga harus memiliki emosi yang stabil karena aktivitas jual-beli di pasar keuangan harus didasari pada hasil analisis, bukan emosi yang menggebu-gebu. Seorang Traders juga wajib memiliki kesabaran tinggi untuk menunggu waktu yang tepat dalam melakukan jual-beli.



Instansi pekerjaan

  • Lembaga keuangan
  • Bank
  • Pemerintah