span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Financial Advisor / Planner

Deskripsi

Penasihat keuangan bekerja untuk memberikan nasihat atau pedoman keuangan kepada pelanggan. Penasihat Keuangan dapat memberikan layanan yang berbeda, seperti pengelolaan investasi, persiapan pajak penghasilan, dan perencanaan bisnis properti. Oleh karena itu, seorang penasihat keuangan harus memiliki keterampilan organisasi, ketelitian terhadap hal-hal yang detail, pengetahuan mengenai pemecahan masalah dalam perencanaan bisnis, serta komunikasi yang baik. Profesi ini sangat dibutuhkan oleh new corporate dan stable corporate.

Berbagai profesi terkait

  • Analis
  • Perencana Keuangan
  • Penasihat Keuangan
  • Konsultan Keuangan
  • Konselor Keuangan
  • Penasihat Investasi
  • Manajer Portofolio

Kisaran Pendapatan

Gaji Financial Advisor rata-rata berada pada kisaran Rp3.000.000 hingga Rp5.500.000/bulan tergantung lokasi dan perusahaan tempat bekerja. Untuk level Manager, Supervisor, atau Koordinator, gaji beranjak naik mulai dari Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000 atau lebih sesuai dengan posisi, jabatan, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Adminsitrasi, atau jurusan lain yang relevan; Sertifikat Lembaga Sertifikat Profesi - Sertifikat Financial Planning Standards Board Indonesia (LSP-SFPSBI).



Keahlian dibutuhkan

Pengetahuan keuangan tentu wajib dikuasai oleh seorang penasihat keuangan. Sebab, bagaimana mungkin profesi ini memberikan nasihat keuangan kepada kliennya apabila ia sendiri tidak memahaminya. Bukan hanya pengetahuan keuangan secara luas, seorang penasihat keuangan juga harus menguasai bahasan lain yang berkaitan dengan keuangan, seperti ekonomi, akuntansi, pajak, investasi, dan asuransi. Hal ini perlu dikuasai agar penasihat keuangan dapat memberikan rekomendasi yang sangat tepat bagi kliennya.

Misalnya, ketika klien ingin berinvestasi maka seorang penasihat keuangan harus mengetahui sektor bisnis mana yang paling menguntungkan untuk diinvestasikan. Untuk itu, penasihat keuangan harus memiliki kemampuan analisis dan pola pikir kritis agar dapat mengambil keputusan yang tepat untuk direkomendasikan pada kliennya. Kemampuan hitung-menghitung tentu akan sangat membantu penasihat keuangan dalam proses analisis tersebut.

Mengingat kebanyakan klien penasihat keuangan adalah pelaku bisnis, maka pengetahuan mengenai strategi penjualan dan pemasaran perlu pula untuk dipahami profesi ini. Untuk menjaga hubungan dengan klien, ia juga perlu mampu berkomunikasi dengan baik. Kemampuan komunikasi juga dibutuhkan agar dapat menyampaikan rekomendasi kepada klien dengan cara yang mudah dipahami.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan