span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Fashion Designer (Perancang Busana)

Deskripsi

Desainer busana memiliki tanggung jawab untuk menciptakan dan mengembangkan konsep rancangan busana. Untuk beberapa desainer busana, langkah awal untuk menciptakan dan mengembangkan konsep rancangan busana dengan meneliti tren busana saat ini dan membuat prediksi tren busana di masa depan. Oleh karena itu, seorang desainer busana harus selalu mengikuti perkembangan tren busana di dunia.

Berbagai profesi terkait

  • Desainer
  • Perancang Busana
  • Desainer Kostum
  • Desainer Pakaian

Kisaran Pendapatan

Gaji Fashion Designer berkisar Rp 825.000 hingga Rp 12.200.000


Kualifikasi

Menguasai Bidang Fashion Design.



Keahlian dibutuhkan

Seorang desainer busana tentu wajib memilii kreativitas yang tinggi serta penuh dengan ide. Hal ini ia perlukan agar ia dapat membuat produk busana yang unik dan menarik. Selain itu, ia juga perlu memiliki kemampuan visualisasi yang baik karena ia harus dapat menggambar atau merancang sebuah produk busana yang berasal dari imajinasinya. Tak ketinggalan, profesi ini pun dituntut memiliki rasa orisinalitas yang baik agar produk yang dibuat tidak dituduh meniru karya orang lain.

Dalam merancang busana, seorang desainer busana harus memiliki ketangkasan jari serta kestabilan lengan dan tangan agar rancangan yang ia buat dapat tergambar secara sempurna. Ia juga perlu memiliki selara seni yang baik supaya busana rancangannya dapat dinilai baik oleh masyarakat. Untuk itu, profesi ini dituntut memiliki pengetahuan di bidang seni atau mode agar tetap update dengan tren-tren terbaru, khususnya dalam perkembangan desain busana.

Di luar itu, seorang desainer busana harus memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab, pekerjaannya biasa dibatasi oleh tenggat waktu sehingga ia harus bekerja secara efektif. Profesi ini juga perlu menguasai strategi penjualan dan pemasaran agar busana yang ia buat dapat laku di pasaran. Selain itu, ia pun harus memiliki kemampuan koordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya penjahit. Hal ini diperlukan agar busana yang dirancang dapat terwujud dengan baik.



Instansi pekerjaan

  • Media massa
  • Konveksi dan Garment