span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Ecologist

Deskripsi

Seorang ahli ekologi memiliki tanggung jawab untuk merancang sebuah sistem yang dapat menjaga ekosistem secara keseluruhan. Sebuah ekosistem harus dapat menjadi wadah dari hubungan antara organisme (manusia, tanaman, dan hewan). Saat merancang sebuah sistem untuk menjaga ekosistem, mereka harus melakukan survey untuk mengidentifikasi dan memantau hubungan antara manusia, tumbuhan, dan hewan di habitatnya.

Berbagai profesi terkait

  • Ahli Ekologi
  • Ahli Ekologi Industri

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang ahli ekologi berada pada kisaran Rp4.5000.000 hingga Rp8.000.000 sesuai dengan lokasi tempat bekerja, posisi, serta pengalaman kerja yang dimiliki. Pada beberapa perusahaan besar gaji bisa lebih dari Rp9.000.000.


Kualifikasi

Sarjana Teknik Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Sains Biologi, Geografi, Silvikultur, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Modal utama yang wajib dimiliki seorang ecologist adalah ketertarikan yang tinggi terhadap lingkungan hidup. Sebab, perkejaan profesi ini amat erat kaitannya dengan lingkungan hidup. Salah satunya, bertanggung jawab untuk merancang sebuah sistem yang dapat menjaga ekosistem. Untuk itu, seorang ecologist tentu harus memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang ilmu biologi. Hal ini diperlukan karena ilmu biologi membahas organisme makhluk hidup, perilaku makhluk hidup, serta interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.

Tak hanya bidang ilmu biologi, seorang ecologist juga perlu menguasai pengetahuan di bidang ilmu geografi untuk mengetahui kondisi fisik sebuah ekosistem. Selain itu, profesi ini harus mempunyai analisis yang baik agar ia dapat membuat rancangan sistem yang tepat dalam menjaga sebuah ekosistem. Seorang ecologist pun dituntut untuk kritis agar dapat menilai dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari sistem yang dirancang.

Seorang ecologist juga harus memiliki kepekaan dan sensitivitas tinggi agar dapat segera menyadari apabila ada masalah dalam sebuah ekosistem dan dapat mengantisipasinya. Profesi ini pun mesti mempunyai kemampuan koordinasi yang baik pula karena ia memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam menjaga sebuah ekosistem. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah Bahasa Inggris, penyelesaian masalah kompleks, pertimbangan dan pengambilan keputusan, penyusunan informasi, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Peruruan tinggi
  • Perusahaan
  • Industri