span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Desainer Furnitur

Deskripsi

Seorang desainer furnitur memiliki tugas untuk merancang produk-produk perabotan dengan melihat keseimbangan antara konsep inovasinya, fungsionalitasnya, dan estetikanya. Desainer furniture dapat melayani klien yang ingin membeli desainnya saja ataupun sekaligus dibuat perabotannya.

Berbagai profesi terkait

  • Desainer Furnitur
  • Perancang Furnitur
  • Perancang Perabotan
  • Perancang Meubel
  • Desainer Meubel

Kisaran Pendapatan

Gaji Desainer Furnitur berkisar mulai dari Rp4.000.000 hingga Rp6.700.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Menguasai Bidang Desain Furnitur.



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang desainer furnitur tentu wajib memiliki kemampuan desain yang baik. Hal ini diperlukan agar ia mampu membuat rancangan furnitur yang ingin ia buat secara baik. Dalam merancang, ia harus memiliki kemampuan visualisasi yang baik agar ia mampu menerjemahkan ide di kepalanya ke dalam rancangan. Profesi ini juga dituntut memiliki kreativitias tinggi untuk memperoleh ide-ide unik dan menarik.

Selain itu, seorang desainer furnitur mesti memiliki kestabilan lengan dan tangan agar rancangan yang ia buat dapat tergambar secara sempurna. Ia juga perlu memiliki selara seni yang baik supaya furnitur rancangannya dapat diterima oleh masyarakat. Oleh sebab itu, ia mesti update dengan hal-hal yang sedang tren di tengah masyarakat. Pengetahuan ini juga penting dimiliki supaya furnitur yang ia rancang memiliki fungsi dan manfaat yang menjadi solusi permasalahan masyarakat.

Seorang desainer furnitur juga perlu memiliki rasa orisinalitas agar rancangan yang dibuat tidak dituduh sebagai bentuk plagiarism. Selain merancang furniture, seorang desainer furnitur juga harus memperhatikan pembuatan dan pengolahan furniture tersebut. Tak hanya itu, ia juga mesti menganalisis dan mengontrol kualitas bahan furnitur karena rancangan furnitur harus disesuaikan dengan kualitas bahan yang dimiliki.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan furniture