span 1 span 2 span 2

Seni, Desain, & Industri Kreatif

Branding Designer

Deskripsi

Seorang brand designer bertugas untuk menciptakan suatu identitas dari suatu merek produk atau jasa. Apa yang dikerjakannya akan berdampak pada citra perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kliennya. Untuk itu, penting bagi seorang brand designer untuk memahami selera pasar dan pemahaman terkait bagaimana suatu desain dapat berdampak pada citra yang dilekatkannya.

Berbagai profesi terkait

  • Desainer Brand
  • Branding Designer

Kisaran Pendapatan

Pendapatan untuk profesi ini belum dapat dipastikan karena tergantung dari lokasi tempat bekerja, pengalaman, dan kompetensi.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Lain yang Sesuai.



Keahlian dibutuhkan

Kreativitas adalah modal yang amat penting untuk dimiliki seorang branding designer. Sebab, ia mesti menemukan ide-ide unik yang dapat menjadi ikon sebuah perusahaan. Kemampuan visualisasi perlu pula untuk dimiliki profesi ini supaya ia dapat menuangkan ide dan imajinasinya ke dalam sebuah tampilan visual yang dapat terlihat. Oleh sebab itu, seorang branding designer juga wajib memiliki kemampuan desain agar mampu menciptakan tampilan visual tersebut.

Selain itu, seorang branding designer pun sebaiknya memiliki selera seni dan latar belakang pengetahuan di bidang tersebut. Sebab, ia mesti memastikan desain yang ia buat memiliki estetika dan menarik perhatian masyarakat. Profesi ini juga membutuhkan kretivitas tinggi supaya desain yang dibuat memiliki keunikan dan menjadi desain yang ikonik. Untuk itu semua, seorang branding designer wajib menguasai penggunaan komputer beserta aplikasi yang terkait dengan pekerjaannya. Sebab, saat ini hampir semua pekerjaannya bergantung pada aplikasi komputer.

Kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis juga perlu dimiliki oleh seorang branding designer. Kemampuan ini akan bermanfaat ketika ia berinteraksi dengan klien atau rekan kerjanya dalam membahas dan melaporkan desain yang sedang dikerjakan. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah Bahasa Inggris, kritis, dan analisis operasi.



Instansi pekerjaan

  • Agency
  • Perusahaan
  • Indistri kreatif