span 1 span 2 span 2

Sains

Transportation Manager

Deskripsi

Manajer transportasi biasanya bekerja pada proyek instansi penyedia jasa transportasi, dengan tugas seperti perencanaan, mengarahkan, atau melakukan kordinasi terkait operasi jasa transportasi yang ditawarkan, misalnya pada perusahaan penyedia jasa penerbangan, atau kereta api. Dengan melaksanakan fungsi manajerial pada tempatnya bekerja, maka seorang manajer transportasi bertanggung jawab atas efisiensi dan keefektifan operasional yang berjalan demi memastikan perusahaan tidak merugi. Dalam pengerjaannya, meliputi membuat kebijakan, prosedur, KPI, dan mengatur staff yang bekerja dibawahnya.

Berbagai profesi terkait

  • Pengawas Transportasi
  • Manajer Transportasi
  • Direktur Transportasi
  • Direktur Operasi

Kisaran Pendapatan

Pendapatan untuk profesi ini belum dapat dipastikan namun bisa mencapai puluhan juta tergantung dari lokasi tempat bekerja, pengalaman, dan kompetensi. 


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang transportation manager tentu harus mempunyai pengetahuan yang baik di bidang transportasi. Sebab, ia harus mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing moda transportasi sebelum menggunakannya sebagai sarana pengiriman barang. Profesi ini juga harus menguasai pengetahuan di bidang manajemen karena ia juga bertugas untuk membuat rencana dan jadwal pengiriman barang serta anggaran perjalanan.

Selain itu, seorang transportation manager juga harus memiliki kemampuan manajemen sumber daya manusia supaya dapat mengelola tugas anak buahnya. Tak hanya itu, ia pun harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik agar dapat memberi instruksi yang jelas kepada anak buahnya. Profesi ini juga mesti memiliki kemampuan monitoring supaya dapat mengawasi dan memastikan proses pengiriman barang berjalan sesuai rencana.

Apabila terdapat masalah dalam proses pengiriman barang, seorang transportation manager harus mampu mengatasi masalah tersebut secara cepat. Untuk itu, ia harus kritis agar dapat mempertimbangkan dan menentukan solusi yang tepat dalam memecahkan masalah tersebut. Selain itu, ia juga harus memiliki pengetahuan mengenai keamanan dan keselamatan publik untuk memastikan proses pengiriman barang berjalan baik-baik saja. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah layanan pelanggan dan personal, penalaran deduktif dan induktif, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Industri otomotif