span 1 span 2 span 2

Sains

Public Relations Officer

Deskripsi

Public relations (PR) adalah pekerjaan tentang bagaimana mengelola reputasi dari klien. Seorang PR akan menggunakan semua bentuk media dan komunikasi untuk membangun dan memelihara reputasi kliennya. Sebagai seorang PR, mereka akan memantau publisitas dan melakukan penelitian terhadap hal tersebut untuk mengetahui gambaran stakeholder terhadap kliennya. Hasilnya akan dilaporkan dan dijelaskan oleh seorang PR kepada kliennya.

Berbagai profesi terkait

  • Account Executive
  • Direktur Komunikasi
  • Spesialis Komunikasi
  • Communication Corporate
  • Public Affairs
  • General Affairs
  • Humas/PR

Kisaran Pendapatan

Gaji Public Relations Officer berkisar Rp 9.000.000 hingga Rp 6.200.000, namun gaji rata rata Public Relations Officer adalah Rp3.000.000 tergantung pada UMK / UMP di masing-masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komunikasi, Manajemen, Public Relations, Marketing, Advertising dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Public Relations Indonesia.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai sosok yang berperan strategis dalam menjaga hubungan perusahaan atau klien dengan stakeholder-nya, maka kemampuan berkomunikasi dengan baik wajib dikuasai oleh seorang PR Officer.  Kemampuan komunikasi yang baik ini harus diwujudkan secara lisan dan tulisan karena pekerjaan PR Officer pun banyak berhubungan dengan tulis menulis, misalnya dalam membuat press release atau mengelola media milik perusahaan.

Selain itu, kemampuan bernegosiasi dan persuasi patut dikuasai pula oleh seorang PR Officer agar hubungan antara perusahaan dan stakeholder dapat berjalan dengan baik serta memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dalam menghadapi sebuah krisis, ia harus mampu menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks. Oleh karena itu, ia wajib dibekali kemampuan analisis dan pola pikir kritis agar dapat menentukan langkah yang paling tepat untuk menjaga reputasi perusahaan.

Seorang PR Officer juga dituntut memiliki sensitivitas dan kepekaan sosial untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap perusahaan yang ditangani. Apabila ia tidak memiliki sensitivitas dan kepekaan tersebut, maka program yang dibuat justru dapat membuat reputasi perusahaan menjadi buruk di mata masyarakat. Pemahaman mengenai strategi penjualan dan pemasaran juga sebaiknya dikuasai oleh PR Officer sebuah perusahaan. Tak ketinggalan, ia harus mampu berkoordinasi dan bekerja sama dalam sebuah tim.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Public relations agency
  • Pemerintahan