span 1 span 2 span 2

Sains

Penyanyi

Deskripsi

Penyanyi merupakan seorang profesional dalam hal bernyanyi. Penyanyi menyanyikan lagu bisa secara sendiri atau berkelompok, dengan ataupun tanpa iringan instrumen. Kemampuan menyanyi tak hanya melulu karena bawaan bakat menyanyi, namun juga dapat dilatih. Beberapa yang dapat dilatih untuk sukses sebagai penyanyi adalah terkait pitch control, tone, dan emosi yang dapat disampaikan baik melalui vokal lantunan nyanyiannya maupun melalui bahasa tubuh dan kepercayaan dirinya.

Berbagai profesi terkait

  • Penyanyi Pop
  • Penyanyi Dangdut
  • Penyanyi Opera
  • Vokalis, Penyanyi Rock

Kisaran Pendapatan

Pendapatan Penyanyi tidak dapat dipastikan namun bisa mencapai ratusan juta tergantung dari tingkat ketenaran dan banyaknya tawaran menyanyi yang diambil.  


Kualifikasi

Tidak Memerlukan Kualifikasi Khusus.



Keahlian dibutuhkan

Banyak orang yang menyebut bahwa seorang penyanyi harus memiliki bakat menyanyi dengan suara merdu dan kuat. Pernyataan itu memang ada benarnya walau tak sepenuhnya benar. Seorang penyanyi memang mesti memiliki suara yang merdu dan kuat agar lagu yang dinyanyikan dapat enak dan jelas terdengar. Namun, tidak semua penyanyi memiliki kemampuan tersebut sebagai bakat dari kecil, banyak pula yang meperoleh kemampuan tersebut dengan berlatih.

Selain berlatih, seorang penyanyi juga mesti rajin berolahraga untuk menjaga staminanya yang akan berpengaruh pada kualitas suara penyanyi tersebut. Untuk itu, kedisiplinan menjadi salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh profesi ini. Terlepas dari suara yang dimiliki, seorang penyanyi juga sebaiknya juga mempunyai pengetahuan di bidang seni musik agar ia dapat menciptakan dan memainkan musik secara baik. Kreativitas juga ia perlukan supaya karyanya memiliki keunikan dan dapat menarik perhatian masyarakat.

Dalam menciptakan dan memainkan musik, seorang penyanyi mesti memiliki sensitivitas pendengaran agar lagu yang ia dendangkan dapat berpadu dengan musik yang mengiringinya. Oleh sebab itu, ia juga mesti berkoordinasi dengan pemain musik agar dapat menciptakan dan memainkan musik dengan padu. Selain itu, kemampuan komunikasi juga dibutuhkan seorang penyanyi demi membangun hubungan baik dengan pemain musik, manajemen, dan para fansnya.



Instansi pekerjaan

  • Media massa
  • Restoran
  • Event