span 1 span 2 span 2

Sains

Peneliti Fisika

Deskripsi

Sebagai seorang peneliti dalam ilmu fisika, mereka akan mempelajari sistem non kehidupan untuk meningkatkan pemahaman tentang cara kerja dunia fisika. Beberapa yang dipelajari dalam dunia fisika seperti astronomi, meteorology, dan matematika. Penelitian ilmiah yang dilakukan peneliti ilmu fisika harus dapat mengumpulkan bukti fenomena alam secara ilmu tersebut. Informasi tersebut dianalisis untuk mengembangkan aplikasi praktis dalam penciptaan material dan perangkat baru.

Berbagai profesi terkait

  • Ilmuwan
  • Ahli Peneliti
  • Konsultan Peneliti Fisika
  • Ahli Fisika
  • Ilmuwan Biofisika

Kisaran Pendapatan

Gaji peneliti fisika rata- rata berkisar Rp4.800.000 hingga Rp6.800.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana/Master Sains Fisika.



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang peneliti fisika tentu saja wajib mempunyai pengetahuan yang mendalam dalam bidang ilmu fisika. Hal ini termasuk pengetahuan mengenai meteorologi, astronomi, dan lain-lain yang masih berhubungan dengan fisika. Sebab, profesi ini bertugas meneliti fenomena alam demi meningkatkan pemahaman tentang cara kerja dunia fisika. Selain fisika, profesi ini juga memerlukan keahlian yang baik dalam matematika. Hal ini diperlukan karena penelitian seorang peneliti fisika membutuhkan perhitungan yang cukup rumit.

Sebagai seorang peneliti, profesi ini juga dituntut untuk kritis dan mempunyai kemampuan analisis yang baik dalam mengamati fenomena alam yang terjadi. Dalam meneliti, ia pun harus menggunakan aturan metode yang ilmiah agar dapat membuahkan hasil analisis yang tepat. Hal ini penting untuk dimiliki karena hasil penelitian yang dilakukan harus memberi manfaat bagi masyarakat. Misalnya, dengan mengembangkan material dan perangkat baru yang terinsipirasi dari fenomena alam tersebut. Untuk itu, dunia rekayasa dan teknologi juga perlu dikuasai oleh seorang peneliti fisika.

Seorang peneliti fisika juga perlu mampu menguasai penggunaan komputer karena ia kan membutuhkan komputer dan aplikasi-aplikasinya dalam menganalisis sebuah fenomena alam. Profesi ini juga mesti mempunyai sensitivitas masalah agar dapat mengidentifikasi fenomena-fenomena seperti apa yang menarik untuk diteliti. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah Bahasa Inggris, penyelesaian masalah kompleks, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan
  • Laborato
  • BUMN