span 1 span 2 span 2

Sains

Observer (Pengamat Administrasi)

Deskripsi

Pengamat administrasi bertugas dalam melihat segala fenomena yang terjadi tentang administrasi yang terjadi pada suatu perusahaan, instansi, atau dalam pemerintahan.

Berbagai profesi terkait

  • Pakar Administrasi
  • Pengamat Administrasi
  • Analis Administrasi

Kisaran Pendapatan

Pendapatan profesi ini tidak dapat dipastikan.


Kualifikasi

Gelar Magister Administrasi.



Keahlian dibutuhkan

Syarat utama untuk menjadi seorang pengamat administrasi tentu saja menguasai ilmu administrasi itu sendiri. Seorang pengamat administrasi biasanya merupakan lulusan terbaik dari program studi ilmu administrasi di kampus-kampus ternama. Selain ilmu administrasi, seorang pengamat administrasi juga perlu menguasai ilmu manajemen.

Seorang pengamat administrasi dituntut untuk memiliki sensitivitas masalah dan kepekaan sosial yang tinggi. Kedua hal ini diperlukan baginya agar ia mampu mengetahui dan memahami permasalahan administrasi di sebuah instansi. Untuk itu, profesi ini juga dituntut kritis dalam pekerjaanya. Selain memahaminya, seorang pengamat administrasi juga wajib menganalisis dan memberikan solusi atas masalah tersebut. Oleh karena itu, kemampuan analisis dan penyelesaian masalah wajib dimilikinya.

Sebagai penganalisis masalah administrasi, seorang pengamat administrasi harus memiliki kemampuan penalaran deduktif dan induktif supaya ia dapat menemukan solusi yang tepat dari masalah tersebut. Profesi ini juga perlu menguasai penyusunan informasi dan mampu berkomunikasi secara lisan dan tulis. Hal ini diperlukan supaya ia dapat menjelaskan hasil analisisnya dan solusi yang ia berikan. Kemampuan Bahasa Inggris yang baik juga diperlukan untuk memudahkan interaksi dengan orang asing.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan
  • Perusahaan