span 1 span 2 span 2

Sains

Konsultan IT

Deskripsi

Konsultan IT memiliki tugas untuk memberikan nasihat kepada kliennya mengenai penggunaan teknologi informasi yang dapat memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. Dengan demikian, konsultan IT bertanggung jawab dalam merancang struktur dan efisiensi sistem IT dari kliennya. Konsultan IT dapat terlibat dalam berbagai kegiatan seperti pemasaran, manajemen proyek, customer relationship management (CRM), dan system development.

Berbagai profesi terkait

  • IT Specialist
  • IT Consultant
  • Pakar IT

Kisaran Pendapatan

Gaji konsultan IT untuk level staf berkisar Rp3.500.000 sampai dengan Rp8.000.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komputer, Teknik Informatika, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika.



Keahlian dibutuhkan

Seorang konsultan IT tentu saja wajib menguasai pengetahuan dan keahlian di bidang komputer dan pemrograman. Seperti profesi lain yang bergerak di bidang IT, profesi ini pun mesti mempunyai keahlian di bidang matematika pula. Sebagai sosok yang memberi masukan kepada klien mengenai penggunaan teknologi informasi, seorang konsultan IT wajib mempunyai kemampuan penyelesaian masalah kompleks serta pertimbangan dan pengambilan keputusan.

Selain itu, seorang konsultan IT juga memiliki kemampuan kemampuan analisis sistem dan evaluasi sistem agar ia dapat memahami masalah yang dialami klien serta memberi solusi yang tepat atas masalah tersebut. Profesi ini pun dituntut untuk kritis supaya dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang ditawarkan. Tak ketinggalan, ia perlu memiliki sensitivas masalah pula agar ia dapat mencegah dan mengantisipasi masalah yang akan menghambat klien.

Sebagai profesi yang banyak berinteraksi dengan klien, seorang konsultan IT tentu mesti memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini diperlukan supaya ia dapat menjelaskan masalah dan solusi yang ditawarkan kepada klien. Selain itu, kemampuan ini pun akan berguna dalam menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan klien. Kemampuan administrasi dan manajemen juga dibutuhkan seorang konsultan IT dalam mengelola dan mengorganisir pekerjaannya. Kemampuan lain yang diperlukan profesi ini adalah Bahasa Inggris, penyusunan informasi, dan koordinasi.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Agency
  • Bisnis jasa pribadi