span 1 span 2 span 2

Sains

Education Administrator

Deskripsi

Administrator pendidikan berkewajiban untuk mengatur dan mengelola administrasi, sistem pendukung, dan kegiatan yang membuat institusi pendidikan berjalan lancar. Mereka biasanya bekerja di bidang-bidang seperti penerimaan siswa/mahasiswa, jaminan kualitas, manajemen data, keuangan institusi pendidikan, ataupun bagian pemasaran institusi pendidikan. Biasanya seorang administrator pendidikan bekerja di perguruan tinggi ataupun sekolah.

Berbagai profesi terkait

  • Petugas Tata Usaha
  • Petugas Administrasi Sekolah
  • Petugas Administrasi Pendidikan

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang petugas administrasi sekolah tentunya berbeda-beda mulai dari jenjang TK hingga Perguruan Tinggi. Faktor lainnya adalah lembaga atau institusi tempat bekerja apakah swasta atau negeri. Sebagai gambaran, gaji seorang petugas Administrasi sekolah berkisar Rp2.000.000 hingga lebih dari Rp3.500.000 per bulan. Untuk sekolah-sekolah swasta gaji bisa lebih dari Rp3.600.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Pendidikan, Administrasi, dan Jurusan Lain yang Sesuai.



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, profesi administrator pendidikan tentu wajib memahami sistem administrasi dari sebuah institusi pendidikan. Selain sistem administrasi, profesi ini juga harus memahami pengetahuan manajemen agar ia dapat mengelola pekerjaannya denga baik. Meski begitu, tugas profesi administrator pendidikan ternyata tidak hanya mengurus kegiatan administrasi sebuah institusi pendidikan. Oleh karena itu, masih ada banyak kemampuan lain yang perlu ia miliki.

Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki seorang administrator pendidikan. Sebab, profesi ini akan berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari murid, guru, orangtua murid, dan pihak-pihak lainnya. Tak hanya itu, seorang administrator pendidikan juga perlu memiliki kemampuan layanan pelanggan dan personal karena ia bisa jadi bertugas dalam penerimaan siswa/mahasiswa sebuah institusi pendidikan.

Seorang administrator pendidikan juga wajib mampu mengoperasikan komputer. Sebab, ia membutuhkan komputer dalam melakukan pekerjaannya. Mulai dari surat-menyurat, manajemen data, hingga mengelola keuangan institusi pendidikan tersebut. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang administrator pendidikan adalah Bahasa Inggris, pendidikan, serta manajemen personil dan sumber daya manusia.



Instansi pekerjaan

  • Perguruan tinggi
  • Sekolah