span 1 span 2 span 2

Sains

Dosen

Deskripsi

Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuwan yang memiliki tugas untuk mengajar mata pelajaran akademik kepada mahasiswa kejuruan (vokasi), sarjana, dan pascasarjana di setiap universitas. Selain itu, dosen juga memiliki tugas untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Berbagai profesi terkait

  • Dosen
  • Instruktur Kelas
  • Fasilitator Mahasiswa

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang dosen berkisar antara Rp3.200.000 hingga lebih dari Rp9.000.000 tergantung pengalaman dan institusi tempat mengajar.


Kualifikasi

Gelar Master Semua Jurusan; Sertifikasi Dosen.



Keahlian dibutuhkan

Pada umumnya, dosen merupakan seorang ahli dalam sebuah bidang studi. Oleh karena itu, pengetahuan umum yang amat wajib dikuasai seorang dosen adalah pengetahuan dalam sebuah bidang studi yang ia ajarkan. Namun, pengetahuan itu saja tidak cukup. Sebab, seorang dosen dituntut mentransfer ilmu yang dimiliki kepada mahasiswa yang ia ajar. Oleh sebab itu, seorang dosen tentu harus memngetahui strategi pembelajaran yang tepat untuk mentransfer ilmu tersebut.

Untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat, kreativitas amat diperlukan oleh seorang dosen. Sebab, dengan kreativitas ia mampu menemukan cara-cara baru yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Selain itu, profesi ini juga harus memiliki kemampuan penyusunan informasi serta komunikasi secara tulis dan lisan dengan baik. Dengan kemampuan ini, seorang dosen dapat menyampaikan materi pembelajran kepada mahasiswa secara menarik, efektif, dan mudah dimengerti.

Seorang dosen pun wajib memiliki kemampuan manajemen kelas yang baik agar kegiatan belajar di dalam kelas dapat berjalan secara kondusif. Selain itu, status seorang dosen sebagai ahli dalam sebuah bidang ilmu pun menuntutnya untuk kritis dan memiliki kemampuan analisis yang baik. Sebab, ia seringkali dimintai pendapatnya mengenai fenomena sosial yang terkait dengan ilmu yang dikuasainya. Untuk itu, ia juga perlu memiliki kepekaan sosial dan sensitivitas masalah. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang dosen adalah psikologi anak, instruksi, monitoring, serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Lembaga Penelitian
  • Perguruan tinggi
  • Sekolah
  • Kementerian pendidikan dan kebudyaan
  • Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi