span 1 span 2 span 2

Sains

Dokter Gigi

Deskripsi

Dokter gigi memiliki tugas untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit gigi, mulut, rahang melalui penerapan prinsip dan prosedur pengobatan gigi secara modern. Seorang dokter gigi biasanya memiliki spesialisasi di bidang ortodontik, periodontik, prostodontik, dan endodontic. Spesialisasi ortodontik biasanya berkaitan dengan pencegahan defleksi dari gigi. Sementara itu, dokter gigi yang memiliki keahlian pada penyakit gusi dan struktur di sekitar gigi memiliki spesialisasi periodontik. Dokter gigi yang memiliki keahlian untuk merekayasa gigi melalu penanaman gigi palsu merupakan spesialisasi prostodontik. Terakhir, dokter gigi yang memiliki keahlian pada penyakit pulpa gigi merupakan spesialisasi endodantic.

Berbagai profesi terkait

  • Dentist
  • Ahli Bedah Mulut
  • Orthodontist

Kisaran Pendapatan

Gaji rata rata dokter gigi di Indonesia adalah Rp2.000.000 sampai dengan Rp7.000.000. Namun gaji rata - rata dokter gigi adalah Rp5.700.000 tergantung pada UMK / UMP masing-masing daerah.  Namun penghasilan tersebut belum termasuk jika dokter gigi tersebut memiliki praktik sendiri. 


Kualifikasi

Gelar Profesi Dokter Gigi; Sertifikasi Kolegium Dokter Gigi Indonesia.



Keahlian dibutuhkan

Seorang dokter gigi wajib menguasai berbagai pengetahuan dan keahlian. Pengetahuan dasar yang wajib dimiliki seorang dokter gigi adalah pengetahuan di bidang ilmu medis. Pengetahuan ini perlu ia kuasai supaya ia dapat mendiagnosis dan mengobati luka, penyakit, dan kelainan gigi manusia. Pengetahuan mengenai ilmu biologi juga harus dimiliki karena ia harus memahami anatomi makhluk hidup, khususnya gigi dan mulut manusia. Pengetahui psikologi pun perlu ia miliki untuk mengetahui sifat dan perilaku manusia yang dapat mempengaruhi kesehatannya.

Selain itu, seorang dokter gigi juga dituntut untuk mampu dan berani dalam mengambil keputusan karena ia harus bereaksi cepat dalam menangani pasiennya. Oleh sebab itu, ia mesti kritis dan mempunyai kemampuan analisis yang baik agar dapat mendiagnosa penyakit pasien secara cepat dan memberikan terapi yang tepat demi kesehatan pasien tersebut. Ia juga harus memiliki sensitivitas masalah supaya ia mampu mencegah dan mengantisipasi masalah kesehatan seorang pastien yang dapat timbul. Hal ini tentu saja harus didasari oleh analisis yang telah dilakukannya.

Hal lain yang amat wajib dimiliki seorang dokter gigi adalah orientasi melayani. Seorang dokter gigi juga harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan orang yang sedang ia tangani di atas kepentingan pribadinya. Selain itu, profesi ini juga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik agar ia dapat menjelaskan kondisi kesehatan seseorang dan tindakan yang akan ia lakukan secara sederhana dan mudah dimengerti.



Instansi pekerjaan

  • Rumah sakit
  • Puskesmas
  • Klinik