span 1 span 2 span 2

Sains

Broadcaster

Deskripsi

Penyiar radio memiliki tugas untuk menghibur dan menginformasikan audiens mereka dengan menyajikan informasi atau hiburan dengan cara yang mudah dan menarik. Informasi yang diberikan penyiar radio dapat bervariasi sesuai dengan materi dari program radio tersebut seperti berita, cuaca, olahraga, musik, gaya hidup, dll. Seorang penyiar radio biasanya harus memiliki kemampuan untuk dapat membuat audiens seperti berinteraksi dengannya.

Berbagai profesi terkait

  • Penyiar
  • Penyiar Berita
  • Penyiar Radio
  • News Anchor
  • Newscaster
  • Reporter

Kisaran Pendapatan

Gaji Broadcaster berkisar dari Rp3.400.000 hingga Rp7.200.000 atau lebih sesuai dengan lokasi tempat bekerja, ketenaran, dan pengalaman. 


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Banyak orang menilai profesi penyiar radio adalah profesi yang hanya mengandalkan kemampuan berbicara. Pernyataan tersebut memang ada benarnya walau tak sepenuhnya benar. Kemampuan berbicara memang merupakan modal penting bagi seorang penyiar radio. Sebab, ia bertugas menyampaikan informasi yang dimilikinya kepada pendengar melalui medium suara. Oleh karena itu, kemampuan berbicara amat penting untuk dikuasai agar pesan dapat tersampaikan secara menarik dan mudah dimengerti.

Meski begitu, keahlian berbicara bukanlah satu-satunya bekal seorang penyiar radio. Penyiar radio ternyata juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Kemampuan ini ia perlukan dalam merangkai informasi yang ia miliki untuk menjadi berita serta menyusun materi siaran. Penyusunan materi siaran juga perlu ditunjang oleh wawasan luas yang dimiliki penyiar radio. Wawasan ini perlu ia miliki supaya ia dapat memperoleh topik-topik bahasan baru dan unik untuk dimasukkan ke dalam materi siaran.

Ketika sedang mengudara, seorang penyiar radio perlu memiliki kepekaan sosial dan pola pikir kritis. Misalnya, ia harus mengetahui kondisi pendengar supaya dapat menentukan lagu yang tepat untuk dimainkan. Ia tentu harus tahu lagu apa yang cocok dimainkan di waktu hujan, waktu macet, dan seterusnya. Sementara itu, pola pikir kritis akan berguna ketika ia mewawancarai sosok yang menjadi bintang tamu di acaranya.



Instansi pekerjaan

  • Media massa